Cerita Magang: Masa-Masa Kos di Jogja

Sejak dulu saya emang pengeeeen banget banget banget ngerasain gimana sih kos itu. Bayangannya udah macem-macem. bangun pagi nggak mesti beres-beres dulu, bisa bangun siang juga, mau keluar nggak pake ijin, mau kemana juga nggak ada yang ngelarang, mau apaaaa istilahnya yang jungkir sana-sini juga cuma kita sendiri yang ngasih batasan. So, bayangannya itu happy aja. Maklum ya… dari mulai saya lahir di dunia sampai kuliah semester 6 ini saya masih nemplok ortu dan masih berasa anak kecil (-_-) nggak boleh ngerantau kemana-mana dulu sebelum cukup umur. Lah, emang umur 22 tahun itu masih belum cukup umur? Tapi apalah mau dikata kalau udah titah orang tua. Untungnya waktu dapat tempat magang, lokasinya ada di jogja dan otomatis harus kos disana, jadinya bapak sama ibu nggak ada penentangan kkekkekeeke. Alhamdulillah mawon. Malah dari ponorogo-jogja via motoran juga boleh-boleh aja. Wah sip sip ini. trus-trus kek kayak gini.

Kita berangkat dari Ponorogo sekitar jam 10 pagi, itu keadaannya bisa dibilang nekatan wal fiatan: kita berempat cewek semua, cuma tau arahnya sampek Klaten doang, nyampek Jogja cuma modal GPS, dan belum dapet deal kos. Kalo kata tante di "She Was Pretty" mah Bravaa Bravaa Bravaaa!!!! Kosnya udah ada inceran sih, tapi kan belum dibayar... jadi ya belum hak paten si kosnya. Saya boncengan berdua dengan hesti. kalo sama ini anak rasanya mau ngempot sana-sini juga aman-aman aja. Dia drivingnya okeeee gila sodarah-sodarah! Mau merem juga nggak bakal kenapa-napa hahaha (colek si hesti ^^). Malah saya suka ngakak sendiri kalo inget dia nggak mau saya bonceng dan sekalinya nggak jadi driver itu paniknya luar biasa. Pernah kita mau dempetan 3 mobil di pertigaan depan kos, dia udah heboh bilang "awas awas", atau yang cuma ngelus dada pas saya boncengin dia di gang sempit dan mau nubruk orang hahaha. Kalau dari Ponorogo-Jogja itu kita sekitar 5 jam. Itu udah termasuk berhenti berkali-kali di POM, masjid, dan makan. Lumayan cepet lah. wonder woman pokoknya.

Kayak yang saya bilang tadi soal nggak tau arah... begitu keluar Klaten, hidup kita bergantung sama google maps. Ibaratnya maps itu kayak oksigen kalau kita mau nafas. Nggak ada maps dijamin kita nggak bakal balik. Nyasar kemana-mana. Saya baru ngerasa berterima kasih banget sama sebuah aplikasi yaaa baru kali ini. kalau bisa dinobatkan sebagai pahlawan, kita nobatin langsung si google maps jadi pahlawan besar.

Nyampek Jogja sekitar jam 3. Itu belum nyampek kos lo. Masih muter-muter nyari alamat kos pertama. Katanya sih di belakang Hyatt. Kenapa kita pilih ini? soalnya dari foto yang dikirim mbak kos lewat WA, kamarnya hommy banget. Berasa di rumah. So… kita langsung tancap gas kesana. Begitu sampai… eng inggg engggg!!! Rumahnya horor macam uji nyali. Kumuh, sampah dan daun kering berserakan dimana-mana. tembok kotor kena kerak dan nggak ada niatan dari si penghuni buat di cat atau apa. dan yang paling ngeri halaman belakang. Fiuh… semaknya tinggi banget dan itu sampingan sama kamar yang mau aku tempatin. Hesti udah menegaskan kalo dia nggak mau tinggal disini. Okeee… kita lanjut ke kos kedua. Jaraknya lumayan jauh soalnya kos athala ini ada di JAKAL ATAS. Taunya Jakal Atas juga pas udah ngobrol sama mbak candri, penunggu kosnya. penunggu manusia maksudnya, bukan setan. Mana tadi pake acara nyasar muter jalan nggak jelas 2x. duh apes apes. Kita sempet berhenti ngaso di deket masjid yang lokasinya ada di tengah tegalan. apa ya bahasa Indonya tegalan? ah emboh pokoknya itu. Keadaan udah jam setengah 5 lo. Kita paniklah. Gimana kalau magrib belum dapet kos? Gimana kalo kita malem ini nggak ada tempat buat tidur? Gimana kalo ada preman yang nyegat kita dan bla bla bla sebagainya. si rana malah ngajak nginep di hotel semalem (-_-) duit darimanaaaa coba? ini bawanya ngepres semua.

Hesti yang udah panik maksimal bilang apa enaknya dia nelpon Mas Panda aja. eh... untung mas Panda (bos tempat magang kita) kayak punya telepati. Dia nelpon duluan hahaha. Langsung si hesti ngadu ini-itu sambil mau nangis. Untungnya kos mbak candri ketemu. Kosnya pewe buanget gaes. Lantai dua dan kamarnya bersih, rapi, terang, tapi sayang nggak ada kamar mandi dalam. Saya udah mau teken kontrak disini, ria juga udah dengan pewenya rebahan di kasur, tapi hesti minta kita liat kos yang ketiga dulu. Agak nggak ikhlas tapi nggak papalah. Semoga pilihannya benar.

Yang terakhir ini namanya kos cantik. Baru nyampek gerbangnya aja kita berempat udah sepakat dalam hati masing-masing bakal menerima kos ini. begitu liat kamarnya, wuih… ini baru kos sejati *JEMPOL 4* Kamarnya masih sisa luas buat dipake berempat. Pemiliknya baik hati bak malaikat. gimana enggak? wong kasurnya ditambahin, ada kamar mandi dalam yang bersih dan nggak ada kerak sama sekali, gratis kipas angin sama dispenser, dapur tepat di depan kamar dan nggak pernah dipake jadi berasa kayak dapur pribadi, plus ada wifi. Kita bisa online seharian ma broh. Apalagi lokasinya deket mana-mana. mau ke terminal concat? Mau ke Hartono Mall? Apa mau ke UGM? Cuma butuh 10 menit. Ke kota juga sekitar 20 menitan. Deket lah. pokoknya kos cantik ini the best.
Kos Cantik tampak depan

ini dapur yang ada di depan kamar kita

kamar kita di lantai atas

tangga lantai bawah

hall kos cantik ^^
Pengalaman selama kos berempat itu bener-bener nggak terlupakan. Ada sukanya, dukanya. Ada marahannya juga, ada betenya juga. Campur aduklah. yang darinya nggak deket jadi deket (colek si rana), yang jadinya ini jadi itu. pokoknya komplit... Yang jelas kalau hidup bareng kayak gini, semua busuknya keliatan hahaha. Nggak ada yang jaim-jaim sok cantik lagi. lah gimana mau sok cantik kalo pas bangun tidur muka bantalnya udah keliatan? Nggak ada yang pura-pura sopan jadi anak baik juga. Semuanya urakan.
foto berempat pertama di kos ^^
kalo ini pas foto syantik
Keluar aslinya juga. Ada yang suara kentutnya sering jadi alarm pagi hari saking banternya (colek si ria ^^), ada yang suara ngoroknya jadi senandung pengantar tidur saking kerasnya (colek si hesti ^^), ada juga yang ngelindur-ngelindur gitu sampek bikin kita yang denger ngakak sejadinya di tengah malam (ini anonymous soalnya kalau disebutin, saya bisa jadi samsak). Pernah ada kejadian suatu malam sekitar jam 12 an lebih, cuma saya dan ria yang belum ngebo dan masih asik stalker di instagram. Saya dan rana tidur di kasur sendiri-sendiri, ria tidur di bawah bareng hesti pake matras.
Nah, suatu ketika di saat lampu keadaannya udah dimatiin, dan kita masih kelop-kelop main hape, saya dan ria denger ada yang bilang "mejo abot koyo ngene kon junjung".
Saya langsung bangun dan ria juga. kita agak shock dan sedetik kemudian... ngakak. bener-bener ngakak sampek guling-guling karena ini pertama kalinya kita liat hesti loss control. Ngelindur dia hahhaha. Itu satu malam. Pernah di malam lain, pas kita ganti formasi tidur, hesti dan rana di kasur, saya nemenin ria tidur di bawah, keadaannya sama, jam nya sama, aktivitasnya juga sama.
Ada suara lagi, "Ep... Epi...".
Bisa ditebak kan datangnya darimana? ini ria niat banget jailnya. Dia jawab tuh panggilannya si hesti dengan santainya "Opo hes?".
Dijawab lo sama hesti apaaa gitu saya lupa. Asliii ini saya dan ria nggak bisa nahan tawa. besoknya kita bully dia pake insiden itu dan ngamuk hahhaah.

Tapi nggak cuma hesti aja sih. Saya juga sering kena bully dengan sebutan "ibu tiri". kenapa? karena kasurnya kan cuma 2 (saya dan hesti, ria dan rana), kipasnya 1, matrasnya 1 (pinjeman Mas Panda). keadaannya hesti, ria, rana itu nggak bisa tidur kalo nggak pake kipas, sementara sayaaa kalo kipasan bisa bikin badan sakit semua. Alhasil, kipas agak saya madepin ke kasurnya ria-rana. Hesti nggak betah kepanasan. Nah, dia ikhlas nih tidur di bawah pake matras ditemenin ria suria. sorry to say tapi kan Ria badannya gedhe, jadi kasurnya kalau dipake lurus panjang nggak bakal muat buat 2 orang. Jadiiiiiii mereka pake kasurnya melintang. Badan atas sama-sama di kasur, tapi badan bawah di lantai. Akhirnya dua sejoli itu tiap malam tidur di matras sampek ngaplah-ngaplah alias polah nggak jelas dengan doa pengantar tidurnya itu gini, "tikaaaaa.... ibu tiri jahatttt... sampek kapan kowe insyaffff??? nek ngono aku bayare separooooo" dan itu semacam ritual nyanyian tiap malam (-_-).
Saya sih seneng-seneng aja tidur di kasur sendiri. Wong menurut rana, saya ini tidurnya muter alias nggak bisa diam. Miring sana-miring sini, nendang sana-nendang sini. Tapi kalau pas saya tidur sama hesti, udah bisa dijamin pagi harinya saya pasti kesiangan. Kenapa? soalnya tiap kali salah satu dari kita mau coba tidur, pasti yang satunya manggil-manggil dan ngomong apa gitu. Dan itu gantian. Nggak Cuma sekali aja. Ujung-ujungnya kita nanti bakal ngobrol ngalor-ngidul dan stalker orang sampek malam. Stalker si A lah, stalker si B lah, komen si C lah, nyela si D lah. Banyakkkkkk.

Setelah hesti, ganti ria yang jadi bahan bully-an. Dia dengan pedenya tiap pagi ngeluarin bunyi meriam dan itu nggak Cuma sekali. saksinya Cuma saya seorang dan rana. Pokoknya, kalau meriam cap ria udah keluar, itu tandanya udah jam 5 pagi. Lumayan buat alarm shalat subuh hahaha. Jadi, kalo ria udah kentut nih, saya dan rana melek trus subuhan. Nggak pake liat keluar juga udah tau itu hari masih apa kkekkekkke.

Kalau rana… apa ya? nggak ada sihhhhh. Eh... ada adaaaaaa. Dia itu sukanya kalau tidur so sexiehhh. Pake hot pants, tank top, atau kalau nggak gitu pake dress (-_-) bayangin, orang mana tidur pake dress selain dia? pokoknya sesuka dialah ya. yang penting dia bisa bobok cantik sambil v-call sama mas ayang hohoho. Rana ini sering jadi juru masak. Kadang duet dengan ria juga. Kalau saya sama hesti mah jamaah aja. Dan harus diakui kadang kita secara pribadi suka clash sama rana sebelumnya. Tapiiiiii anehnya justru ini yang ngebuat kita jadi saling ngerti. Maksudnya, lebih tau sifat masing-masing. Emang bener sih apa pepatah bilang: tak kenal maka tak sayang. Sekarang mah kita udah hoho-hihi sama dia. pokoknya miss mereka bertiga di Jogja sana (T.T)

Itu kalau soal tidur. Soal gaya hidup beda lagi. Ada yang bawaan bajunya sekotak lemari penuh sampek minjem-minjem kotak lemari sebelah milik temennya, ada yang bawaannya pas, ada juga yang bawaannya keiritan sampek celana pun pakenya ring-kek (kering-pakek). Make Up yang dibawa juga lengkiap. ibaratnya toko make up pindah (-__-) dan lagi-lagi si hesti... dia malah bawa koleksi tasnya dan itu cuma buat hangout entar hahaha. Edan semua.

Pengeluarannya juga edan. Kos di Jogja sebulan tapi pengeluaran di rumah 3 bulan. Apes. kita itu bukannya tirakat, tapi malah tarekat. boros-seboros-borosnya. Ada yang tiap minggu shopping di malioboro, sunmor UGM, pasar maling, dan sebagainya. Ada yang makanannya itu ayam, nasi goreng, dan sebagainya. Ada yang tiap pagi mampir di swalayan beli susu kotak dan ngebuat 3 temennya yang polos ikutan. Banyaklah. Ini kesalahan kita waktu itu. Jadi, bisa buat pelajaran kalo kos itu harus hemat. giliran tanggal tua, kita berempat ngenes hampir nangis gara-gara makanannya tinggal peyek sekresek, kering tempe sekotak, dan beras tinggal beberapa takar, duit juga udah zonk tinggal ribuan.
salah satu belanjaan saya T.T

masa-masa kritis *apes*

juga salah satu belanjaan ^^ 
Selama sebulan adaaaaa ajaaa hal-hal edan yang kita lakuin. Ada saat-saat kita mau ke HOS Cokroaminoto tapi malah kesasar sampek Imogiri. Ada saat-saat kita liburan ke Keraton tapi gagal total hanya karena tukang becak. Ada juga masa-masa kita nggak bisa tidur gara-gara mikirin Mamas ganteng penjual angkringan di Tugu yang sukses bikin kita klepek-klepek. Sarapan pake krupuk sama kering tempe aja juga pernah kita rasain. Apalagi ya??? oh itu… berhubung kita ini wanita gila, kita nekad aja pergi ke Malioboro di tengah hujan yang deras banget, ditambah nggak tau arah karena nggak bisa buka maps, plus nyampek malioboro nggak mampir tapi malah balik pulang, dan ada insiden kita nyoba masing-masing jalan pertigaan depan Sosrowijayan karena kita nggak tau harus pilih yang mana. jadinyaaa kita muter malioboro tiga kali hahaha. Untung jalan yang terakhir dipilih itu yang bener. Tau gitu dari awal kita milih yang ini ya. Pokoknya semuanya nanti bakal ada ceritanya sendiri-sendiri. Tunggu aja. Tunggu saya ada libur buat nulis lagi. Aminnnn.


Intinya adalah pokoknya insiden-insiden gila diantara 4 cewek strong ini always keep in memories!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tes Kerja di VADS Jogjakarta

Pengalaman Tes Kerja : Rekrutmen Karyawan PLN Tahap 1 (Administrasi) Sampai Tahap 4 (Psikotest)

Pengalaman Test Wawancara Kerja di Bank BTN Kediri