Pengalaman Wisuda (Part 1) : Akibat Nggak Prepare Dari Jauh-Jauh Hari

momen terbaik selama saya kuliah (T.T)
Setelah postingan yang lalu saya sudah bahas tahapan akhir mahasiswa, mulai dari skripsi sampai sidang, sekarang ini giliran tahapan paling akhir dan paling sakralnya. Kalau mahasiswa ditanya momen apa yang paling berkesan dalam hidupnya, pasti banyak yang jawab wisuda.

Momen spesial pasti nyiapinnya udah dari jauh-jauh hari dong. Dan bukan hidup namanya kalau nggak ada cerita lucu, konyol, haru di momen berharga kayak gini. Kalau cowok mah enak, palingan Cuma pake kemeja putih, celana item, pantofel, udah kelaaarrr… lah cewek? From top to toe dipikirin semuanya (-_-)

Beberapa bulan sebelum wisuda itu banyak yang udah hunting kain, searching model kebaya, sampek udah booking ke penjahit juga. Saya sih niat awalnya mau minjem aja. Sok hemat biaya lah. Lagian saya sadar diri, selama skripsi udah ngabisin berapa duit aja saya ini (T.T) Dan berhubung saya emang nggak ada supply dana sama sekali, jadi ya terima2 aja minjem di saat yang lain udah heboh bikin.

Untungnya ada beberapa temen saya yang juga mau minjem. Alasannya sama, hemat hahaha. Temen saya hunting biasanya ya si rima. Tapiii sodara-sodara, sebut ini karena esensi saya sebagai seorang calon samunim atau apa (bercanda sis hehe), saya nggak ada yang sreg dengan modelnya.
ini contoh salah satu yang bagus
Ada sih beberapa yang bagus, dan salah satunya yang dipake rima, tapiiii kebanyakan modelnya macem pramusaji-pramusaji nikahan gitu. Kain tile, trawang-trawang, dan banyak kembaran. Alamak!


Ini emang biasanya sering buat foto pramusaji kayaknya soalnya sering liat
Panik? Iyaaalah. Waktunya saat itu mepet tinggal sebulan, udah nggak ada harapan buat minjem kebaya, dan kalau mau buat pun, waktunya bener-bener mepet. Cuma yang punya kenalan penjahit aja yang bakal diterima kalau model cem gini. Apalagi saya kain belum dapet, penjahit belum booking. Mantabbbb.

Dari fenomena hunting tadi, sekarang di harga kainnya juga ada yang lucu lagi. Jadi gini, kalau dipikir kebaya yang kita pake itu kan juga nantinya ditutupin toga, tapi kok masih ajaaaa ada yang nekat beli yang lima ratus ribu rupiah. I know it's your fashion sense, tapi ya nggak segitunya lah. Dan for your information aja, saya ini tipe orang yang menganut paham “baju-apapun-bakal-bagus-tergantung-yang-make”. Jadi ya mudah-mudahan yang beli kain itu nantinya sinkron sama harganya hehe.
warna yang lagi ngehits di wisuda 2017 #untunggajadibeli #samaan
Kalau kain saya cukup 2/5 dari harga tadi saja. Itupun belum biaya jahitnya lo (T.T) #dansayaudahnangisdarah. Habis duit saya gaes…

Belum lagi heelsnya, yang menurut Evi itu, kalau buat wisuda, harus keliatan elegan, klasik, tapi juga anak jaman now banget. Temen-temen ada yang hunting sampek luar kota, pake jasa olshop, ada juga yang kesana-sini cari pinjeman (kayak sayaaaa ^^).
Sponsored By Evi Liana ^^
Urusan hijab pun juga dipikirin. Mau pake hijab segi empat atau pashmina, atau malah jilbab blusukan cem merk R hoho. Mau pake kain yang katun, satin, atau yang lagi hits sekarang… yang kainnya macem saringan santan itu, kalau googling ketik aja hijab kain kaca, dan saya gagal faham sama model ini.

Saya juga gagal faham sama trend kebaya tapi pake kacamata item. Maksudnyaaaa tolong dijelaskan, style gitu biar keliatan apanya? Simek, tolong dijelaskan wkwkwkwk, secara kata temen saya, dia yang paling getol pake style macem gini. No offense, perasaan jatuhnya kayak emak-emak istri pejabat yang kalau ngomong pake “jeung, jeung” gitu hahahaks.

Item fashion cewek selanjutnya, apalagi kalau bukan tas. Untungnya, ada larangan bawa tas pas wisuda dari Universitas. Katanya patinia, “harap diingat ini wisuda, bukan kondangan” (>.<) Coba kalau dibolehin bawa, berapa budget lagi yang harus keluar buat beli tas yang nggak Cuma branded, tapi yang catchy sama bajunya. Cewek gaes.

Itu masih wear-drobe nya. Belum make up nya.

Dan ini nihhhhh… yang paling saya sesali dari wisuda kali ini. saya saranin gaes, kalau mau booking MUA buat wisuda, mending dari jauh-jauh hari. 2-3 bulan sebelumnya. nasib kalian bakal seperti saya, Rima, Sulis, dan Fitri kalau booking 1 bulan sebelumnya. MUA Veneshela yang lagi digandrungi anak-anak hits ponorogo, waktu mepet gitu pastinya udah full. Tinggal salon-salon yang saya sama sekali nggak ngerti sepak terjangnya kayak gimana.

Saya tertipoe (-_-)


Pas kita lagi bingung-bingungnya cari tempat make up di salah satu salon ternama di daerah saya, karyawannya yang saya kira baik hati, dewasa, dan peduli banget itu ‘sok-sokan’ nawarin make up. Saya mah welcome aja ya. Namanya juga usaha. Siapa tahu cocok. Mulai deh dia chat saya, dan kita ngobrol ini-itu. Janjiiiinya cuyyyy, manis banget sampek bisa bikin kita diabetes. Ditambah dia ngasih harga standar, bonus hijab dan home service, jadi saya tertarik. Saya nih, selaku pencari MUA mewakili man teman saya, udah putusin pake mbak ini aja. Toh, make up bedanya apa sih? Faktor wajah lah sebenernya hihihi.

Tapi gaes, don’t try this at home, eh at you maksudnya, karena ini salah besar.
Goresan tangan mbak MUA nya juga penting ternyata. Ibarat pelukis, satu pelukis hasilnya beda dengan pelukis lain. Jadi jangan harap MUA ini sama dengan karya Veneshela. Jegleknya 1:12, bukan 11:12 lagi.

Dan MUA ini sangat nggak recommended, karena apa?
Banyak faktor lah. sebenernya saya nggak masalah sama hasilnya. Toh kita tetep syantiikkk. And I really say thanks for that.
3 wanita yang tersakiti make up nya, berusaha tersenyum tegar walau ngenes inget kejadian paginya ^^
Cuma, sifat dan sikapnya nggak kooperatif, nggak sopan, dan nggak dewasa sama sekali dalam menanggapi masalah. Saya dikecewain berkali-kali. Jadi, tolong ijinkan saya ngomong “FAKENSIT” di postingan kali ini, kayyyy!!! Karena jujur, esmosi saya udah nyampek ubun-ubun, ibarat jerawat yang udah mateng dan mau pecah.

Di perjanjian awal dia bilang mau dateng jam set 5 on time. Bilangnya kita bakal didahulukan karena udah booking. Tapi apa? bullshiiiiitttt. Ciri-ciri orang munafik, kalau ngomong nggak sesuai sama apa yang diucapkan. Saya tadinya udah minta baik-baik kalau bisa dateng aja jam 4 karena rata-rata temen2 dandan jam segitu, jam set 7 harus udah nyampek kampus soalnya.

Tapi jawabnya malah agak sewot cem gini “Nanti capek dandan kalian… lagian deket dari kampus kan? Udah dulu ya, saya masih dandanin ponakan”.
Hell-aaaawwww, yang customer siapa coba disini, kok malah dia yang perintah-perintah. Dan katanya didahulukan, kok malah dia dandanin keponakannya dulu?

Akhirnya, terpaksa baru Jam set 5 saya berangkat ke kosan Fitri yang rencananya buat dandan. Kita nunggu dengan tenang. Paling jam 5 nyampeekkk. Eeeh, jam 5 kurang dia belum nongol. Wa pun enggak. Saya paniklah. Dia telat. Iya, telat. Di momen dimana kita harusnya hadapi dengan tenang, santai, dan udah siap sejam sebelumnya, dia telat.
Okeee, saaaabar.

Saya telepon. Ada 3 kali lebih baru diangkat. Belum sempet saya ngomong, dia udah nyerocos “mbak, kita ini udah biasa dandanin orang, kita udah ngerti jam mbak… iya mbak ini saya lagi dandanin ponakan hampir selesai. Wes ngono e sek!”
Fakkkkk!!!! Saya mulai panas nih. Bisa-bisanya telepon saya ditutup kayak gitu?

Oke, sabar… lagian masih jam 5. Tapiii begitu jam udah mendekati set 6 lebih, begitu srengenge udah bersinar banget, saya mulai deh mengeluarkan serentetan kata yang mungkin bikin Bapak saya meringis kalau denger. Omongannya jelek semua. Emang ada acara jam set 7 tapi kita hampir jam 6 belum dandan sama sekali? mana ada 4 orang pula. Nunggu dari subuh sampai cerah macem gini. Emang dipikir kita ibu kita kartini apa? Habis gelap terbitlah terang #etdah.
senyum kecut Sulis menanti MUA dateng (-_-) Udah terang banget langitnya cuy
Pas kita udah pasrah niat dandan seadanya sendiri buat wisuda, nggak lama mbak nya dateng. And you knooowww, harusnya saya sadar di awal kalau MUA professional pasti dandanannya nggak kayak gitu. Cewek loooo… dan MUA, masa lebus? (-_-)

Tapi usahain aja positive thinking, gitu pikir kita.
Yang penting maksimal dan cepet.
Salah satu proses dandan
Tapi apa mau dikata. Hampir jam setengah 8 kita baru selesai. Anjir. Bilangnya kan tadi bawa temen, jadi pikir saya 1 orang MUA bisa dandanin 2 orang. Kalau emang gitu, ya cukuplah waktunya bisa buat sarapan di kampus. Ehhhhh, taunya gengs, 1 MUA dandanin full dan satunya cuma bedakin kutekin doang. Astagfirulloh. Mau ngakak ya gimana, mau marah ya nggak manusiawi sekali. Pasrah. Intinya cuma itu. (Soal Acara terkait wisuda, nanti di next part).

Begitu sorenya, MUA nggak banget ini nelepon. Nanya soal aksesoris dan bayaran. Like… hell? Bayaran tapi kerja nggak professional.
Saya ungkapin nih semuanya. Mulai dari temen-temen yang protes dengan MUA carian saya ini, ketidakprofesionalan dia, sampek rasa nggak ikhlas banget harus bayar full padahal si mbaknya udah dateng nggak sesuai perjanjian. Harusnya kasih diskon kek, atau apa kek, eeeeh dia malah marah-marah gaes. Macem kenalpot lagi dites, suaranya kenceng dan pake ngotot wkwkwkk.

“udah dibantu malah gini?”
lah, terngakak! Kan dibantunya dibayar… herman deh saya. Emang situ gratisan?

Dan kalimatnya yang paling saya benci sampek saat ini, dia ngomong, “aku nggak mau tau ya. mau telat atau kena protes itu urusan kamu sama temen-temenmu. Aku mau bayaran full!”

Okeee, kita lurusin disini.
Kalimat “urusan kamu dan teman-teman kamu” itu maksudnya apa ya? jadi, bukan salah dia nih kalau kita telat gara-gara dia baru mulai Make Up jam 6? Jadiiii, bukan salah dia nih kalau kita hampir aja nggak dapet kursi wisuda? Duh, karena males harus debat sama orang nggak guna kayak gini, saya kasih aja bayaran full. Semoga barokah deh itu uangnya. Amin. Dan semoga nggak ada yang bernasib sama seperti kita lagi.

Jadi gaes, pelajaran yang dapet diambil dari sini, prepare buat wisuda jauh-jauh hari dari D-Day. Jangan nunyak-nunyak karena emang hasilnya nggak bagus. Dan yang khususon, jangan sekali-kali kalian coba MUA yang dari tampangnya nggak ada tampang MUA sama sekali. Apalagi kalau ditawarin tanpa ngerti lebih dulu attitudenya. Jangan coba sekali-kali karena mau murah, kalian batalin make up di salon majikannya yang harganya Cuma 150rb itu, yang attitudenya udah terpercaya, yang bahkan udah melanglang kemana-mana, demi dapet make up abal-abal di karyawannya yang harganya Cuma 100rb doang. Beda 50 doang gitu.

Belajar gaes dari pengalaman orang… jangan ambil tindakan bodoh. See You Next Part XOXO

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tes Kerja di VADS Jogjakarta

Pengalaman Tes Kerja : Rekrutmen Karyawan PLN Tahap 1 (Administrasi) Sampai Tahap 4 (Psikotest)

Pengalaman Test Wawancara Kerja di Bank BTN Kediri