Pengalaman Ikut Jobfair : Berjuang Mencari Celah Diantara Lautan Manusia


Bagi kaum pengacara (pengangguran banyak acara) kayak saya ataupun beberapa temen-temen yang lain, info loker dalam bentuk apapun sangat berguna. Kalau di postingan sebelumnya udah saya jelasin sumber-sumber info dari mana aja, naahhhh di postingan kali ini saya mau cerita pengalaman ikut job fair di kota saya.

Sudah ada satu semester lebih sejak job fair saya datangi. Belum ada panggilan juga kkekekeke (mungkin butuh waktu lebih lama kali ya (0_0)) by the way, yang mau saya share itu suasana dan juga pelajaran-pelajaran yang saya amati langsung dan saya tarik kesimpulan selama ikut job fair. Ada beberapa hal emang yang harus diperhatiin sebelum ikut job fair kalau sesuai pengalaman saya. biar kalian disana pewe, nyantai, ga grusa-grusu, kebagian waktu, dan ga telat-telat banget. Checkidot!

1. Cari tau perusahaan mana yang mau kamu apply
Stan perusahaan yg udah mulai ramai didatangi orang

Biasanya memang brosur job fair Cuma nyantumin total perusahaan yg ikut dan info-info dasar lain, kayak tanggal, hari, waktu, tempat dan jarang yang nyantumin list perusahaan peserta. Tapi usahain dapet list itu, entah tanya ke penyelenggara, searching di internet, atau apapun, yang penting dapet lah ya. soalnya ini penting banget gais. List itu bisa kalian gunain untuk searching latar belakang perusahaan dan mutusin kalian mau apply disana atau engga (terlepas nanti posisinya sesuai atau engga).

Banyak kejadian nih, di job fair kemarin juga, sebagian besar ga ngerti list perusahaannya, jadi begitu sampai di lokasi, mereka masih liat-liat dulu, masih muter liat-liat nama perusahaannya, dan baru heboh nyari tempat duduk buat nulis amplop lamaran dan sebagainya. Wasting time gengs.

2. siapin berkas lengkap
Semua daftar perusahaan yg saya sukai saya siapin lamarannya hehe

Emang butuh modal gede, apalagi kalo pas kantong kempes kekekkeke rasanya ga ikhlas bangetttt, tapi namanya berjuang, bisa apa? sabar, tawakal, ikhtiar ^^

Salah satu caranya ya ini… siapin berkas komplit. Cetak foto sebanyak mungkin, atau kalau ngga mau cetak foto, jaman sekarang kan udah canggih-canggih tuh template CV (saya punya banyak, kalau mau dibuatin bisa kontak saya, alhamdulillah dari CV yg menarik dapet panggilannya lumayan lah wehehe), kasih aja foto kalian di CV. Simpel kan? Selain foto, yang paling utama CV. Buat CV semenarik mungkin dan cetak sebanyak-banyaknya. Hal ini karena nggak jarang kita disuruh drop CV dulu terlepas dari ada atau tidaknya posisi yang sesuai dengan basic kita. Lagian kata salah satu perusahaan yang saya wawancara, mereka tetep welcome dan bakal ngajak interview kok kalau CV nya bagus. Posisi mah bisa diatur, gituuu katanya.

Selain 2 hal tadi, fotokopi ijasah, transkip, skck, sertifikat-sertifikat sebanyak mungkin. Lengkap pokoknya. Siapin amunisi sebanyak mungkin sebelum maju perang, kan? Kalau bisa, buat surat lamarannya sekalian. Masing-masing perusahaan siapin, karena dari job fair kemarin, mereka juga minta surat lamaran. Dan memberi surat lamaran itu artinya kita pribadi yang penuh persiapan serta terlihat memberi perhatian pada perusahaan itu. mereka bakal lebih open sama yang kasih surat lamaran, saya dikasih tau sendiri lo ini sama salah satu bapak penjaga stan perusahaan disana.

3. Map atau amplop coklat?

Ga dua-duanya kekkekeke. Kebanyakan mereka punya tempat sendiri buat Drop CV dan berkas-berkas lain. Tapi memang ada beberapa yang minta dikasih wadah. Jadi untuk job fair, pilih aja map. Jangan pernah pake amplop coklat. Helaw, ini diserahin langsung lo ke orangnya sebagai wakil perusahaan. kalau dikasih amplop coklat, katanya orang-orang yang lebih berpengalaman, selain ribet, juga malah lebih sopan yang map. Saya juga bingung, tapi ngikut aja lah (0_0)

4. pake baju formal dan menarik
Kalo bisa jgn pake kaos manteman ^^

Gara-gara job fair ini, mata saya soal SDM terbuka lebar. Mau dikatain bagaimanapun, SDM emang penting banget dalam melamar kerja. Ceritanya saya lagi ngantri daftar di salah satu stan yang cukup ramai disana. Banyak yang antri, cowok, cewek, dari semua jenjang pendidikan. Yang saya perhatikan, saya liat dua tipe pelamar disini.

Yang satu baik cowok atau ceweknya dandan menarik dari atas sampai bawah, pake baju kerja, sepatu kerja, bawa tas, bawa map, sisiran rapi, dan attitude nya terjaga. Maksudnya terjaga disini mereka tanyanya pake manner, antri, nunggu giliran, pas baru dapet duduk di hadapan panitia, mereka baru tanya.
My team full costume 😅

Golongan satu lagi ngga antri, tapi gerumbul gitu dan saling rebutan liat info disana. Dateng ke job fair, yang notabene sering ada walk in interview, malah Cuma pake jeans, kaos, jaketan, sandal, dan rambut juga disisir atau dijepit asal-asalan. Ampyuuuuuun.

Saya ngga mau ngomong mereka latar pendidikannya apa, karena saya ngga mau diskriminasi. Ga semuanya pendidikan sarjana tampil kece, dan ga semuanya lulusan sma tampil norak. Ini bukan masalah pendidikan, tapi SDM.

5. Siapin berkas masing-masing perusahaan sebelum dateng ke stan mereka!
Ini suasana ngantri depan stan, saya sempet rieweuh sendiri gara2 salah trik

Ini penting!!! Saya ngalamin sendiri. Saking banyaknya lamaran yang saya bawa, dan entah lamaran untuk perusahaan A ini nyempil dimana, akhirnya saya take time lama bangetttt buat nyerahin berkasnya. Ditambah, saya malah keluarin semua itu lamaran berpuluh-puluh map dan saya sebar di meja wkwkwkwkk. Malu gengs, tapi gimana lagi?

Si mas nya penjaga stan bilang, “semua perusahaan disiapin ya?” dan saya Cuma bisa senyum malu. Bad signal, sodara-sodara. Ternyata meski job fair tempatnya kita bisa daftar di banyak perusahaan, tapi kalau terang-terangan nunjukin gitu juga ga etis. Pelajaran berharga nih.

Jadi setelahnya, saya pake metode zig-zag hahaha. Saya lamar di baris barat, lalu saya berbaur dulu, trus nyebrang ke baris timur, berbaur lagi, trus ngelamar barisan selatan, cari aman aja hahahha. Biar mereka ga sakit hati lah istilahnya. Kalau saya jadi perusahaannya pun, saya juga mau diistimewakan dong. Maksudnya jangan seolah-olah Cuma jadi cadangan dan asal kerja.

6. Datang pagi dan ga usah nunggu temen
Saya dateng di kala Jobfair blm dibuka dan petugasnya masih upacara weheee

Semakin pagi kamu dateng, semakin lebar kesempatan kamu. Kenapa? karena selain penampilan kamu masih fresh, stamina wakil perusahaan di stan juga masih full. Sama-sama semangatnya. Bayangin kalau udah siang? Pasti capek, males, dan bawaannya pengen cepet selesai.

Dateng pagi juga memungkinkan kamu buat ngelamar pertama. Kan enak kalau datang ke stan masih sepi, masih ga ada saingan, bisa tanya-tanya sepuasnya, mereka juga bisa tau kepribadian kita lebih luas. Banyak manfaatnya gais.

Tapi jangan ngikut temen. Maksudnya boleh dateng bareng, Cuma kalau temennya memperlambat, mending jalan sendiri. Bukan apa-apa, nasib itu sendiri-sendiri. Ga usah janjian daftar disana, ga usah tanya daftar atau engga, kalau emang mau ya daftar, udah gitu aja.

So far sih lumayan puas lah dengan job fair kemarin. Paling nggak ada beberapa perusahaan yang eye catching dan aku lamar hehhe. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat.

See you on next post.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tes Kerja di VADS Jogjakarta

Pengalaman Tes Kerja : Rekrutmen Karyawan PLN Tahap 1 (Administrasi) Sampai Tahap 4 (Psikotest)

Pengalaman Test Wawancara Kerja di Bank BTN Kediri