Perjuangan Mencari Tempat Magang

logo perusahaan tempat saya magang
Berhubung saya baru balik dari KKL belum ada 2 minggu ini, mending saya sempatin bagi cerita dari awal sampai akhir masa KKL. Biar afdol. Biar semua tau suka-dukanya pas saya magang. Sebenarnya rumus magang itu sederhana. dibawa tenang aja, magangnya pasti kelar. Betul??

Tapi masalahnya bukan ada di magang nanti. Tapi di kita yang mau ngelakuin. Saya udah pernah ngalamin jadi saya bisa cerita. Nggak usah sok-sokan mau magang di perusahaan A biar ketularan kece, nggak usah sok-sokan mau magang di kota A gara-gara ngejar enaknya, plus nggak usah kepedean dulu bakal dapat tempat magang instan dalam 1 hari. Itu mimpi di siang bolong dan kebetulan saya mimpi itu hohoho.

Satu hal yang perlu dipikirin pas pertama banget ada pengumuman magang wajib: “what do you want to do and what do you need to learn”.
Apa sih yang nantinya pengen kamu lakuin buat masa depan kamu? Jadi pengusaha? Di bidang apa? apa yang sekiranya pengen kamu tau dan kamu butuhin banget ilmunya? Semuanya itu bakal ada jawabannya di tempat kamu magang. Pegang rumus 1 itu, dan pasti magangnya bakal kelar sesuai harapan.

Kalau saya mah nggak pegang rumus itu, ditambah mimpi siang bolong tadi… jadi magang saya agak nggak sesuai kodrat T.T tapi nggak apalah, wong menurut saya ini magang seenak-enaknya magang dibanding temen-temen kampus yang lain. Temen-temen ada yang kerja rodi masuk senin-minggu dari pagi sampek sore *senggol sulis dan ila*, ada juga yang nggak boleh liat apa-apa di perusahaannya, ada juga disuruh survey ke luar kota naik motor sendiri dan biaya sendiri *colek si evi*, bahkan nih ada yang trep magang dari tanggal 20 januari sampek 20 februari. Sementara kelompok saya… udah nggak perlu dibahas. Nanti dikira sok pamer, sok dapet bos baik, kayak makhluk sebelah itu hohoho. Yang jelas nggak ada kerja rodi, nggak ada survey luar kota, jadwal atur sendiri, malahan kita sering diajak jelong-jelong gretongan (baca: jalan-jalan gratis) sama Pak Bos. Wuih mantab! #HidupPandaFood.
hari pertama magang
Sebenernya saya dulu magang di CV Panda Food secara nggak sengaja. Iya nggak sengaja. Temen saya si anis udah dapet tempat magang di Jogja, berhubung ketentuan kampus kalau dari luar kota nggak memenuhi 5 kelompok, maka pilihan magang disana bakal nggak di asese. Nah kebetulan waktu itu saya lagi ngadu ke anis soal belum dapet tempat. Tanpa basa-basi, anis langsung minta bantuan tetua kampus sang mahasiswa abadi, mbah muklis yang menasbihkan diri sebagai raja jamur se-Indonesia, buat ngasih rekomendasi ke salah satu temen wirausahanya di Jogja. Fiuh… beneran?

Saya langsung nggak hopeless lagi. saya iyain aja. Bodo amat masalah survey awal atau sebagainya. Wong keadaannya saya dan kawan-kawan seperjuangan udah panas-panasan 3 hari berturut-turut buat muterin Perusahaan-perusahaan yang ada di Madiun, Magetan, Ponorogo dan hasilnya kosong sodarah-sodarah. Satu pun nggak ada yang nyantol. Nggak ada yang cocok juga. Ada sih di PG Rejoagung madiun, tapi kudu masukin proposal sementara waktunya nggak cukup. Ini udah deadline. Ibaratnya kalau bom mau meledak, ini udah 5 detik sebelum ledakan.

Di masa-masa kayak gini, adaaaa aja hal-hal lucu yang kalau dipikir lagi cocok banget jadi bahan lawakan. Kita nyampek madiun nggak tau perusahaannya mana, nggak tau jalannya mana, nggak tau ini arahnya kemana. Si Novita… yang giliran tanya di PT Kaibon Indah dan PG Pagotan, baru masuk gerbang dan mau ijin aja udah ditolak mentah-mentah huahaha. Edan.

Kita ke magetan niatnya nemuin pemilik sandal batik yang katanya udah ekspor, sampai rela ikut Beliau shalat di masjid, tapi ujung-ujungnya kita kompak bilang nggak jadi karena ngeliat produksinya cuma buat hotel madiun aja. Masih di magetan, kita semua ke ukm kulit sepanjang jalan sawo, cuma buat tau kalau disana udah full semua, sampai kita rela mohon-mohon tapi teteeeep aja nggak diterima.
nyampek magetan bukannya nyari tempat magang tapi malah nyari tempat makan -_-
kita yang lagi terdampar di masjid ngikut bapak sandal
Bahkan, hanya gara-gara KKL ini, saya pernah bentrok dengan temen-temen sekelas saya yang goes to trenggalek karena mereka nagih janji kita ikut magang disana sementara baik saya dan hesti nggak ada yang berangkat. Kita dikatain yang nggak kasihanlah, yang inilah, itulah, tapi dengan keadaan kayak gitu, emang mempan? Wong kita orang paling egois sedunia hahhaha. Bentroknya juga serius. Hampir 2-3 hari nggak kontak, padahal biasanya kita rame buanget di grup k-wave di whassap. Untungnya sih sebelum masa KKL, kita semua udah baikan. Bener-bener ini semua pengalaman nggak terlupakan sepanjang masa-masa searching.

Balik soal ke mbah muklis, saya jadi keinget omongan hesti. “tik, kalo dipikir-pikir ya, setiap kita ngehujat orang, atau benci sama orang, ujung-ujungnya kita selalu dekat sama dia. Tau sendirilah contohnya hohoho. see? Trus ini… si mbah muklis. Inget nggak sih dulu kita pernah ngetawain dia pas seminar? Soal bawa mic tapi tangannya malah melenceng kemana-mana”

Wah wah bener juga. Saat itu saya sama hesti nggak bisa nahan tawa soalnya ada ya orang tangannya megang mic yang tujuannya sebagai pengeras suara, tapi tangannya itu gerak ke segala arah? Tapi akhirnya mbah muklis ini lo yang jadi penyelamat kita. Dia yang ngasih saran kita nyoba di Panda Food dan yang nelpon mas Panda buat nerima kita. Big thanks, mbah!!! Dari cerita-cerita mas Panda, kita tau kalo mbah muklis ini ibarat “bintang” di kalangan wirausahawan. Omigooood seriusan? Padahal selama ini, kalo kita chat bareng di grup, mbah muklis yang omongannya paling dorky dan paling menjurus ke penistaan kehidupan *sigh*

By the way… nih saya kasih tips gimana nyari perusahaan (standar ukm) yang mesti kamu check list sebelum kamu magang disana:

1. Cari yang karyawannya nggak pinter ngomong.
Ini penting banget. Ibarat kata kalau kita mau bentrok, otomatis kita yang bakal menang soalnya kan mereka nggak jago ngehujat. Pasti males kan kalau kita datang ke tempat baru, suasana baru, belum tau mesti ngapain, tapi karyawannya yang sok berasa senior itu nggak welcome banget dan malah mulutnya semakin combe alias banyak ngomong? Kita aja sering dapat combean macam gini di Panda Food. Soal bisanya cuma bantu packing doang, soal kita yang gampang capek, soal lipstick juga dibawa-bawa. Padahal kita ini setahun lebih tua lo dari mereka-mereka disana. Masih piyik tapi belagunya minta ampun. Ih males saya cerita soal mereka. Untungnya kita itu orangnya strong hahaha. Jadi kita tahan-tahan nih biar singanya nggak keluar. Tapi kalau bisa sebelum nentuin magang, yang pertama diliat harus karyawannya kayak apa. baru kamu bisa tentuin mau lanjut atau enggak.
si hesti yang meski senyumnya lebar tapi dalam hati dia siap nusuk sebelahnya pake cutter hohoho
2. Cari bos yang masih muda.
Bukan buat digebet lo ya. Jangan salah persepsi. Tujuannya itu biar pak bosnya tau apa yang kita rasain dan apa yang kita butuhin. Sama-sama berjiwa mudanya kan enak kalau mau kompromi. Malah, bos saya sering nyuruh malsu sesuatu atau sekadar curhat nggak jelas (-_-).Misalnya, bos saya tanya sabtu ada acara nggak, trus kita bilang mau jalan-jalan tapi sayangnya kan sabtu masuk, langsung deh kita diijinin nggak masuk tiap sabtu-minggu, enak, kan? Biar gimana, bos saya tetep yang paling baik sedunia.
pak bos (depan sendiri) yang begitu baiknya sampek ngajak kita jelong-jelong ke pantai *big thanks*
sewaktu diajak pak bos nganter barang sambil jalan-jalan
3. Dapet Gaji.
Yang ini sebenernya nggak wajib. Dapet ya Alhamdulillah, nggak dapet ya udah nasib. Tapi untungnya selama kita magang di Panda Food, kita dapet gaji kok. Ya uang jajan lah, tapi masih mending daripada nggak dapet apa-apa. langsung deh gaji pertama itu kita berempat habisin buat makan enak. Maklum di negeri orang mau beli ayam aja masih pikir-pikir. Ini dapet duit… wuih makannya tancap gas.

ini masa-masa kita nggak ada gaji... ngenes
4. Cari yang kerjanya enteng.
Harus diakui, di Panda Food itu kerjanya enteng banget. Nggak ngoyo. Iya sih ngoyo awalnya soalnya kan masih baru, tapi kalau udah terbiasa kesannya malah “itu-itu aja”. Kerjanya itu paling datang jam 9, baru mulai produksi jam 10, itupun Cuma bantu pressing sama masukin produk, istirahat jam 12, habis itu udah… ngabisin waktu sampai jam 4. Nah kan… cari dimana lagi kantor yang kerjanya kayak gini?
kerja kita saban hari ya gini... noh ria sampai ngebo saking entengnya hoho
So far cuma itu aja sih… tapiiii tapi tapi kalau 4 hal itu udah kamu pegang, dijamin magang kamu bakal lancar jaya tanpa hambatan suatu apapun. Amin.
hari terakhir magang diisi foto bersama ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tes Kerja di VADS Jogjakarta

Pengalaman Tes Kerja : Rekrutmen Karyawan PLN Tahap 1 (Administrasi) Sampai Tahap 4 (Psikotest)

Pengalaman Test Wawancara Kerja di Bank BTN Kediri