Pengalaman Sidang Skripsi : Kena Hat Trick / Triple Kill


Okay, saya kan sudah janji bakal share tentang sidang skripsi. Dan berhubung ini sudah bulan Desember, mendekati masa-masa sidang skripsi kalau di kampus saya (untuk wisuda bulan April), jadi ya pas... post ini aja. So, curhatan ini lebih ke pengalaman pribadi aja, dan kalaupun nanti ada yang nggak sama, take it easy guys, karena emang setiap mahasiswa beda ujiannya.

Kalau denger kata sidang, ibaratnya itu udah nggak ada jalan kembali. Ibaratnya perjalanan kita tinggal sejangkah lagi. kalau dibilang beban mental lebih berat, bener juga sih ya. soalnya ini ujian. Lulus atau enggaknya kita ya dari sidang ini. percuma dong skripsi kita kerjain lama-lama tapi nyatanya sidang ancur total, ngulang sih mending masih lulus, la kalau udah divonis nggak lulus? Amit-amit…
dapet tulisan "siap untuk diujikan" itu bukan main rasanya
Buat kalian yang pernah ngerasain gimana dag-dig-dug-nya nunggu konsul, itu bukan apa-apa dibanding panick attack yang nyerang kalian sebelum sidang. Kadarnya 10 Volt dan ini 100 Volt. Lebih kerasa sengatannya. Bahkan, yang dosennya santai, baik, masih tetep bikin nervous. Lah, apalagi sayaaa yang dapet dosen macem gitu?

Gimana nggak galau ya… faktor keselamatan mahasiswa paling besar itu terletak dari kombinasi penguji di sidang itu juga yang harus diperhitungkan cuy. Dan sejauh ini, kombinasi paling ‘perfect’ dimana 3 dosen killer dijadikan satu, rasanya Cuma saya doang yang dapet. Saya nggak ngerti, Pak Toni sama maminya umu (temen saya) itu kesawapan apaaa kok bisa ngasih saya penguji seperfect itu. Respect.
Daftar Penguji Saya T,T
Asal kalian tahu, dosen penguji saya itu kan ada 3, nah ituuu…
Satunya otomatis Pak Ji, yang dikenal tiada ampun pas nguji.
Satunya dosbingnya piteng, yang kejeniusannya udah nggak diragukan.
Satunya dosen yang juga manajer di perusahaan BUMN, yang mana mottonya nguji-kalau-nggak-nangis-artinya-dia-nggak-sukses.
Klekepppppp…

Mau nangis ya gimaaana… mau mundur kok eman, mau maju itu kok kayak bunuh diri. Parahnya lagi, waktunya itu sempit buat saya prepare. Saya daftar hari senin, dan hari rabu jadwal keluar, sementara ujiannya sabtu. Selang 2 hari doang. Saya bingung. Makan nggak enak, tidur nggak nyenyak. Yang paling saya inget dari momen itu pas adik saya ngeliat saya tidur sambil megang tasbih sehari sebelum hari H wkwkwkkwk. Dia niatnya kan mau ambil charge di kamar saya, nah saya ketiduran pas saya lagi rebahan galau di kamar, dan begitu dia masuk… katanya dia langsung ketawa ngglesot-ngglesot sama nyokap ngeliat saya kayak gitu. Jahat emang.

Dalam waktu senipis itu, segala hal saya lakuin. Mulai dari searching tips lulus ujian dari google, jenis-jenis pertanyaan killer yang sering membunuh kita di ruang sidang, macem-macem doa tolak bala, sampai saya juga tanya-tanya ke senior apa ada yang nggak lulus tahun kemarin. Dan tebak apa jawabnya?

“Ada laaaahh… biasanya sih revisi lagi, penelitian lagi. soalnya kebanyakan di nggak sinkronnya judul dengan bab 4”

Down lagi saya.

Pengalaman pribadi gaes, dan nyatanya berhasil, hal-hal yang perlu kalian siapin sbelum hari H yaitu:

1. print semua jurnal, skripsi, siapin buku yang jadi referensi. Tulisin satu-satu per halaman bagiannya apa-apa aja, di halaman skripsi keberapa, dan highlight barisan kalimatnya. Biar pas disuruh buka, kalian set-set-wet dan langsung gercep
beberapa buku yang wajib saya bawa pas sidang
2. siapin daftar kemungkinan pertanyaan-pertanyaan yang bakal diajukan mengacu dari skripsi kamu, dan siapin pula jawabannya sebaik mungkin, selogis mungkin, dan bawa bukti konkritnya sekalian (bisa dari buku, jurnal, blog, dsb). Kalaupun kalian kesulitan bikin daftar pertanyaan ini, bisa googling. Banyak kok. Kalau masih ada yang kurang, bisa minta bantuan temen yang udah expert di hal tanya-menanya kayak gini

3. kuasai dan hafalkan isi skripsi sebaik mungkin. Dan saya yakin ini mudah banget kalau kalian emang ngerjain skripsinya sendiri. Selama 1-2 semester itu, karena keseringan revisi, kalian pasti bakal hafal ini-itu di bab berapa halaman mana aja. jadi yang ini nggak usah terlalu dipikirkan sebenernya
Isi skripsi yang saya tandain sendiri dan beberapa print jurnal
4. siapin diri sebaik mungkin. Maksudnya tata hati, mental, dan pikiran. Jangan sampai punya masalah yang bikin kalian stress sendiri, apalagi sampai bikin tertekan bahkan masalah yang bisa bikin kalian nangis mendekati hari H. intinya, menjauh dari itu semua. Masalah sekecil apapun, bagi yang perasaannya sensitive, ditambah nanti gempuran dosen di dalem, alahhh… bisa jadi kalian nanti banjir sungai gaes. Jadi saran saya, kuat-kuatin hati. Beri sugesti kalau kalian bisa. Yang perlu diinget, sekiller apapun dosen, mereka tetep manusia yang punya jiwa humanis juga. Jadi jangan takut, simpati dan iba pasti menyelamatkan kamu, teman ^^

5. Ibadah yang baik gaes… dekatkan diri pada Tuhan karena Cuma Dia yang bisa nolong kalian di dalam sana nanti, nggak ada yang lain

Sewaktu hari H tiba, pas mau berangkat sidang, saya udah bulatin tekad.

“ora lulus ora majalah... eh masalah”

Itu moto saya wkwkwkwkk. Saya udah pasrah. Udah doa, prepare, dan kalau nanti hasilnya zonk, ya berarti emang bukan rejeki. Saya pamitannya gini ke ibu saya… pokoknya kalau nanti saya nggak lulus, ikhlasin aja. saya kerja dulu apa deh gitu. Saya malah nggak ngomong ke bapak saya kalau mau ujian. Kanji saya. takut apa-apa.

Saya dateng sejam lebih awal dari sidang. Dan you knoooowwww… begitu dateng, saya udah disambut tangisan mahasiswa yang ujian di jam pertama. Hell! Mana saya nggak ada temen.

Gaes,,, camkan ini ya. sesibuk apapun kalian mau ngasih surprise sama temen karena lulus sidang, jangan sampai kalian nggak dateng pas dia mau masuk ruang ujian. Di momen itu gaes, ibaratnya dia kayak orang mau melahirkan yang butuh ditungguin suaminya. Butuh pegangan cuyyyyy. Kalau nggak ada temen, sumpah nelangsa T.T
Untungnya, temen-temen zulaika, tetangga kelas sebelah, baik bangettt. Saya diajak ngobrol. Dikuat-kuatin wkwkwkwkk. Dan untungnya juga, temen dari temen yang sekarang jadi temen baik juga, supikoh, sedang apa gitu dan ketemu saya yang nunggu ujian di depan Lab. Dia saya tahan disitu dan akhirnya nungguin saya. big hugs, Pik… :-*

Sepanjang jalan dari rumah sampai saya mau masuk ruangan, saya nggak henti-hentinya doa ini.

Sebut saya terlalu fanatic atau gimana, tapi saya nggak boong, it really work!
Saya yakin saya nggak akan dan nggak bakal bisa menghadapi 3 dosen killer sekaligus di waktu yang sama. Tapi saya tahu Tuhan tahu batas kemampuan saya dan akhirnya ada sebuah kejadian dimana saya hanya menghadapi 2 dari 3 dosen. Alhamdulillahnya luar biasa. Kebetulan Pak Ji sedang ada urusan urgent yang nggak bisa ditinggal. So, saya bersyukur. Benar-benar bersyukur waktu itu. saya udah bilang ke temen-temen, Cuma keajaiban yang bisa bikin saya lulus dari kandang harimau kayak gini. Dan taunya, ajaib memang. Doa itu memang ya, kalau kita ngucapinnya dengan hati yang mantep, madep, dan manep, pasti diijabah.

Handle 2 dari 3 dosen killer itu menurut saya juga susah-susah gampang. Susahnya ya mereka men-challenge otak saya agar berpikir lebih tinggi beberapa level dari yang seharusnya. Jujur, saya sempet menyerah gaeeesss. Saya bilang “pass” sampek 2 kali dan itu bikin salah satu dosen sempet marahin saya. ujian nggak bisa segitu mudahnya bilang pass. Jadi mau nggak mau saya berusaha jawab.

Gampangnya sih karena waktu 2 jam itu nggak kerasa. Kayak baru setengah jam doang. Yang diajukan juga Cuma 3 pertanyaan dari 2 dosen itu. tapi ya itu sih, jawabannya dinaik-turunkan sehingga saya harus menggak-menggok sana-sini.

Alhamdulillahnya saya nggak nangis wkwkwkk. Saya tahu deep down his heart, Pak Dosen ngarep saya nangis. Tapi gimana pak, saya datengnya udah pasrah sih, jadi mungkin ga begitu masuk ke hati. Udah semeleh kalau misal nggak lulus juga nggak masalah. Jadi ditakut-takutin nggak lulus pun saya Cuma bisa senyum kecut doang.
saya disambut ini di depan pintu. Dan lebih hebatnya, my mood booster, juga ada di depan pintu hiahaha
Keluar dari ruangan… rasanya nggak bisa dideskripsikan. Ibarat orang udah nggak beol beberapa hari, mules tapi nggak keluar, dan begitu udah bisa beol, tau sendirilah rasanya. Plong, lega, seneng, syukur, semuanya jadi satu. Seolah beban hidup itu semuanya jadi gampang. Seolah perjuangan saya selama ini worth it.

Tanya tips & trick? Ya itu tadi… semeleh. Sewaktu masuk, lepasin semua beban harus lulus dsb. Hadapi saja. Tunjukkan kemampuan sebaik mungkin, dan jangan nervous. Dredeg dikit pasti ada lah, tapi saya jamin kalau kalian semeleh, pasti nervous ilang dengan sendirinya. Tips kedua sih, saya saranin kalau jawab pertanyaan, mending yang berdasar dari skripsi. Jangan ngucapin segala hal yang nggak jelas juntrungannya karena kalian Cuma akan diketawain. Jadi, mending jawabnya itu…

“gini pak, menurut skripsi saya yang dikutip dari ABC, sistem blablabla…”

Nah, setelah itu pasti dia tanya nyangkut-nyangkut tentang ABC atau kalau nggak sistemnya. Udah tau kan gimana cara mudah giring pertanyaan dosen?

Atau kalau mau lebih ekstrem, belagak sok pinter padahal aslinya udah prepare, Asal ya, kalian udah prepare bukunya, bilang aja ““gini pak, menurut skripsi saya yang dikutip dari ABC, dan juga menurut teori agensi di bukunya DEF kalau nggak salah, sistem blablabla…”
Pasti deh tuuu… pak dosen langsung tanya “apa sih teori agensi?”
Saya bisa jamin karena saya ngalamin langsung hehehe. Saya jawabnya gitu. Dibelibetin dikit-dikit sama mereka berdua, dan nantinya jadi sebuah jawaban yang bakal disepakati kami bertiga.

Bahkan, kalau nyalinya gede, sewaktu dosen nyalahin pendapat kamu, bilang aja “jadi pendapat saya salah ya pak… kalau boleh tanya, pendapat bapak bagaimana? bisa buat revisi saya pak”
Baru deh tuuuu… dosen mau nggak mau bakal jawab wkwkwkk dan dengan keberanian kalian seperti itu, ujian skripsi akan berubah menjadi ajang diskusi bersama.

Nah setelah revisian ditulis di kertas revisi dosen, kalau ada yang nggak ngerti, sebaiknya cepet tanya. Nggak usah gengsi. Dicap bego nggak masalah, daripada nanti malah lama di revisi setelah ujian. Dan kalau sudah dinyatakan selesai, salami satu per satu, ucapin terima kasih dan sebagainya, dan keluar dengan penuh wibawa. Selamat, kalian lulus sidang gaes (kalau kasus saya, senin setelahnya saya mesti ujian sendiri dengan Pak Ji, sensasinya jangan ditanya… cukup taulah pokoknya).
saya dapet ini di hari kedua. Perjuangan sayaaa T.T
Mau dibilang sulit ya emang sulit, tapi dibilang mudah ya nyatanya emang ada yang mudah. Cuma pinter-pinternya kita mensiasati.

Yang paling lucu dari ujian skripsi itu pasti pas waktu selesai. Kebanyakan dari kita, pasti nangis begitu sudah melewati pintu ruang sidang. Bukan nangis lega, tapi nangis karena takut nggak lulus ujian. Udah deh… kalau kayak gitu, tugas kita sebagai supporter yang sibuk ngasih wejangan.
“udah tenang aja, lulus pasti…”
ini adalah salah satu contoh momen penuh kebohongan tersebut hahah
Padahal aslinya dalam hati kita juga nggak tau hasilnya kayak gimana wkwkwkkwk. Coba bisa doain juga. Lagian nggak mungkinlah nggak lulus kalau nggak oon-oon amat. Jadi take it slow nggak usah panik. Hadapi dengan senyuman pokoknya.

Semangat buat kalian yang mau sidang ^^

Komentar

  1. Wah aku suka baca pengalaman ini. Semoga sidang aku lancar nanti aamiin

    BalasHapus
  2. Wah berat juga ya perjuangan nya, oh iya mbak doakan saya mudahan saya lancar juga sidang skripsi nya, ini saya lagi masa masa Proposal sama revisi.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tes Kerja di VADS Jogjakarta

Pengalaman Tes Kerja : Rekrutmen Karyawan PLN Tahap 1 (Administrasi) Sampai Tahap 4 (Psikotest)

Pengalaman Test Wawancara Kerja di Bank BTN Kediri