Pengalaman Tes Kerja : MT Krakatau Steel Tahap TPA

from top to toe, sponsor semua by Evi Liana >,<

Welcome back!!!
Lama nggak nulis jadi kangen juga hehe. Apalagi saya baru aja perbarui Google Adsense. Mudah-mudahan varokah ^^
Anyway, berhubung ini baru selesai wisudah dan pasti para pencari kerja meningkat, jadi saya mau nulis bab berkaitan dengan “mencari kerja”. Kalau kalian udah mulai apply disana-sini, termasuk subscribe email ke website pencari kerja, pasti paling engga 1 atau 2 dapet panggilan interview lah. Kalau nggak dapet, silahkan instropeksi, mungkin ada salah di CV atau CV nya kurang menarik. Mau CV menarik? Call me wehehe. Insyaallah bisa bantuin buat, harga bersahabat lah (contact via email ya Rahmahtika79@gmail.com).
 
nungguin Rini sama Babeh

Kali ini saya mau share pengalaman panggilan tes di salah satu perusahaan besar di Indonesia yang mungkin bagi anak Ekonomi nggak asing lagi, yakni PT Krakatau Steel (yang punya bukan Bastian Steel guys!). di Krasteel ini saya daftarnya coba-coba berhadiah gitu, eh taunya lolos seleksi administrasi. You know lah apa aja yang diseleksi administrasinya, biasanya ya CV (kudu bagus gaes, wajib ini!), ijasah, transkip, sama sertifikat-sertifikat kalau ada. Semakin banyak dan linier, semakin bagus. Dijamin mulus melangkah ke tahap selanjutnya.
 
Ini saya udah tepar di kursi bawaannya pengen pulang (T.T)

Saya sempet ragu nih berangkat atau engga ke Surabaya secara tesnya Cuma jauh gityuuuu. Saya kira saya sendiri, ga ada temen, dan bakal hola-holo. Eh ternyata saya lihat nama salah satu temen seangkatan saya di Kampus juga lolos. Langsung saya chat dia dan emang bener. Alhamdulillah deh. Akhirnya kita berangkat berdua naik bus haha. Buat yang ngerti saya, pasti tau kalau saya emang paling anti naik bus. Bukannya kemayu ye, tapi engga tau kenapa bawaaannya mabok darat wkwkwkwk. Dan waktu itu ya, udah panas, bus penuh, tempat duduknya di atas ban, pak sopirnya anggota geng Fast and Furious. Kerasa banget goncangannya Ya Allooooh. Ibarat kata nih, perut udah kaya mesin cuci, muterrrr tak berhenti. Ini isi perut udah ada di ujung tenggorokan siap muntah, Pak Sopiiirrr! Tapi untungnya aman sampai rumah kakak temen saya di Krian, Sidoarjo haha. Perjuangan banget lah pokoknya.
 
Dandan ala kadarnya gengs, tes ga perlu lah dandan lebay, beda sama interview

Thanks to Rini dan kakaknya, saya diurus sebaik mungkin. Malem-malem dibawain makanan, pagi sarapan ayam, ke tempat tes dianter… thanks a lot sis.
 
ini batch sebelumnya yang udah selesai kayaknya

Tapi yang bikin badmood hari itu adalah tesnya. Jadwal kita itu jam 11. Kita datang on time dan kalian tahu tesnya jam berapa? Jam 3. Wtf. Alesannya karena server eror saking banyaknya yang tes. Astaga. Emang ya itu gedung dari ujung ke ujung udah penuh lautan manusia. Semuanya keleleran disana guys.
 
ini cuma yang ada di serambi depan pintu masuk

Kita kaya orang gelandangan duduk nglesot tanpa makanan minuman hahaha. Ngenes. Mau ditinggal beli itu takut kepanggil tes, apalagi kalau tempat kita diduduki orang secara masih banyak yang berdiri. Pokoknya suasananya itu dari dandan cantik jadi kumyut-kumyut.
 
nyeker nyeker dah wkwkwk

Begitu jam 3, kita masuk dengan antrian puanjang. Duduknya juga terserah, ga diatur urut nomor atau apa. Otomatis dong saya duduk samping rini. Begitu instruksi dimulai, kita udah optimis. Paling engga soal cem gini udah berkali-kali lah saya ngerjain. Tapiiii gaes, ternyata standar perusahaan kelas global emang beda. Tesnya nggak paper based, tapi internet based wkwkwkk.
 
suasana dalam Graha YKP

Alhasil kecuntalan. Apa ya bahasa indonesianya? Pokoknya kagok lah. Mana waktunya dibatasi per soal. Kalau engga salah 1 menit per soal. Jadi kalau ketinggalan engga bisa diulang. Soalnya itu di layar projector dan dibacakan juga, tapi begitu tiba di soal bahasa inggris, tamatlah riwayat yang duduk antara baris tengah sampai belakang ^0^. Pasalnya kita kan nggak keliatan nih kalimat apa yang tertulis di layar (apalagi saya yang minus), eh yang ngebacain soal pronouncation English nya nggak tertolong. Malah ada beberapa kalimat itu dia ngulang dan kagok wkwkwkkwk. Alhasil saya sama beberapa orang di sebelah Cuma bisa senyam-senyum kalah.
 
Bisa kalian lihat tulisan di layar depan tuuuu dari bangku saya??????????

Hasilnya ya sudah jelas… saya ga lolos hoho. Itu udah setahun yang lalu sih, tapi kenangannya masih lucu aja. Ga bisa lupa. By the way, setelah tes selesai, saya langsung pamit ke rini dan keluarganya. Saya ngga bareng mereka, alias dijemput adik saya si aswin. Kebetulan dia kuliah disana. Sewaktu saya nunggu jemputan biar kaya orang asli sana, saya foto-foto dong. Dan begitu adik saya datang trus dia liat saya selfi-selfi pinggir jalan, dia langsung bablas kayak orang ngga kenal. Sialan haha! Ga sampai disitu, saya malah minta dia buat fotoin.
 
nunggu jemputan

Overall, buat kamu yang tingkat akurasinya tinggi dalam mengerjakan soal, bisa dicoba nih daftar-daftar di perusahaan global cem gini. Chance lebih banyak.
 
buat nyari tangga inilah guys kesabaran saya akan diuji di next post

By the way, selepas saya jalan sama aswin, ada kejadian menarik gengs! Kebanyakan lah kalo diceritain disini. Next post kali ya. Yang jelas, ini cerita miris, ngakak, dan alay di saat bersamaan. Intinya waktu itu kereta saya delay, adik saya nyuruh naik bus tapi saya nggak mau, hingga akhirnya kita sejam muter Surabaya cuma nyari kos watiti. Pake kesasar pula wkwkwkkwk. Lebih jelasnya tunggu postingan selanjutnya gaes.

Bedeweh, jangan lupa klik iklan ya. Itung-itung ngamal ^^

Ponorogo, 15 Okt 2018.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tes Kerja di VADS Jogjakarta

Pengalaman Tes Kerja : Rekrutmen Karyawan PLN Tahap 1 (Administrasi) Sampai Tahap 4 (Psikotest)

Pengalaman Test Wawancara Kerja di Bank BTN Kediri