Pengalaman Liburan ke Jogja : Tertipu Tukang Becak (Lagi)


To be truth, aku buat tulisan ini karena salah satu temenku, Evi Liana, ini ngotot banget ngajak liburan nanti pertengahan Oktober. Mintanya sih liburan ke Semarang, mo sok-sokan ngehits foto di Kota Tua dan mau uji nyali di Lawang Sewu (mampus ketemu hantu belanda, jatuh cinta, ngikut ke rumah, oke sip!). Aku sih ayo-ayo aja, tapi duitnya yang ga bisa diajak ayo wkwkwkwk. Tapi Evi bilang, ih santai aja cuy kan bayarnya pake Paylater. Kalian tau paylater punya siapa? Punya gue 🙄. Hmm, hmmm, hmm...

Pas nunggu Sancaka dateng
Stasiun Madiun

Stasiun Madiun kalo ga salah juga

Tapi pake Paylater emang ngebantu banget. Jadi jangan kira aku bolak-balik SBY-PNG sebulan 3x, liburan sana-sini itu karena banyak duit. Kagakkk woiiii. Akika kaum misqueen, jiwanya masih jiwa rakyat jelata 😆 ini gunanya paylater. Buat bayar cicilan tiap bulan. Mayan liburan ke Jogja ga ngongkos, cuma buat makan doang, sisanya... Duit buat kereta sama hotel yang ongkosnya lumayan anjir juga, kubayar pake paylater. Cicilan per bulan. Tapi ads yg nyinyir juga. Katanya, liburan dah lewat, tapi masih bayar cicilan. Laaah, kalo ga nyicil, emang gw harus minta ortu? Idih, mending gw dong, nyicil bayar sendiri, liburan bisa kesana-sini, ga nyusahin orang juga. Herman gw 😌

Stasiun Jogja Tugu

Back to topic... sebelum liburan ke Semarang yang enggak tau jadi atau malah pindah tujuan ke kota lain nantinya, aku mau share dikit tentang perjalanan ke Jogja kemaren. Bulan Maret akhir kalo nggak salah sih. Kita berangkat berdua doang, cuma aku sama Evi. Yang lain nggak bisa cuy. Yang satu di Jakarta, yang satu mo nyaleg, yang satunya Ibu RT, banyak urusan. Alhasil, kita berangkat berdua dan itu bener-bener dadakan. Itu kan ceritanya aku dapet interview di PT Vads. Karena di Jogja yang aku belum pernah kesana sendirian (beda kalo SBY, sendirian mah hayoook), akhirnya aku ngajak Evi. Kita chat-chat-chat dan fix berangkat naik kereta. Ke madiunnya pake motor. Udah dandan keren nih, eh nyampek stasiun kemageran melanda. Tiba-tiba bete aja, bayangin otw Jogja. Mau apa juga kesana Cuma interview doang. Tapi Bismillah, akhirnya kita naik kereta juga.



Buat liburan di Jogja, kita habisin perjalanan sekitar 2 jam. Nyampek disana, kita makan dulu. Di dalem stasiun makan berdua habis sekitar 50rb sih. Lumayan murah lah ya. Abis itu langsung cus hotel. Dalem hati gue janji nih, next trip kesini, nginepnya di hotel syariah depan stasiun ini aja ah, biar ga capek kesana-sini. Jalan kaki tinggal merem dah nyampek. Tapi trip kali ini, kita otw ke Horaios Malioboro Hotel. Kita dateng, disambut satpam yang senyum ramah, dan check in. Padahal belum jam 2 tapi udah boleh masuk. Kan ada tuh hotel sok kenyih yang nggak ngijinin masuk dengan alasan bla-bla-bla.




Welcome Drink yg ga aku minum daripada mag kambuh


Nah, si Horaios ini termasuk keren nih. Proses check in cepet, dikasih welcome drink, dan nggak ada deposite wkwkwk. Gue sempet bertanya-tanya, kenapa kok ga pake deposit? Biasanya kan ada ya. Apa karena booking lewat online dan bayar lunas di awal jadi ga pake deposit? Ah, bodo. Yang penting mah bisa tidur.

Ada satu kejadian lucu. Entah kita terpesona sama FO nya yang lumayan sedep itu, ataukah kita emang lagi blank, tapi pas kita dikasih tau lantai kamar Cuma iya-iya aja. Eh, begitu udah naik lift, kita lupa. Balik lagi nanya ke bawah wkwkwkwk.



Tim pengen kurus tp takut laper
Free tea maker, jgn diangkut pulang sister

Sampai di kamar, bukannya istirahat, evi langsung take a selfie. Manteb. Kan sejak awal dia udah request tuh mau kamar yang selimutnya putih, dan terwujud. Jadi, dia selfi berbagai macem gaya buat stok. Asiap.



Sorenya, kita cus Malioboro. Nah, ini yang bego. Udah searching di Maps kalo jarak hotel ke Malioboro itu Cuma 10 menit, tapi kita sok-sokan naik grab. Akhirnya, muter lah jalan. Ga paham juga kalo jalan di Jogja banyak yang searah. Jadi yang harusnya 10 menit jadi 20 menit. Fak. Pulangnya pun sama. Mana kena semprot bapak-bapak grab karena kita pesennya masih di KFC sementara si bapak ternyata udah stand by di depan KFC. Ternyata itu ges, kalo pesen grab di Malioboro, lu harus udah stand by di pinggir jalan. Kalo engga, nanti sopirnya kena denda dari petugas karena bikin macet jalan. Oke, paham?


Pulang dari hotel, aku tidak tidur selayaknya Evi liana, cuy. Aku ngejar deadline. Jadi, di hotel aku bawa laptop buat kerja wkwkwk. Liburan sambil kerja, apa kerja sambil liburan? Beginilah enaknya kerja jadi content writer. Dimana aja oke.

Nah, paginya, aku dah dandan rapi. Kan mau interview. Udah pake hijab dandan cantik dan turun sarapan. Evi? Dia pake baju tidur sama muka polosan. Oke sip!

Masuk ke sarapan, agak kalap juga. Soalnya semalem tau kenapa masih aja laper. Makan ayam doang karena perut maag. Bawaannya ga enak. Nah, pagi ini, udah enak nih perut. Akhirnya, aku ambil aja beberapa. Sarapan selesai, langsung cus ke Vads. Evi aku tinggal di hotel.

Ternyata, nyampek Vads banyak juga orangnya. Buat liat ceritanya, kunjungi next post... Balik ke trip, sepulang dari Vads, aku balik ke hotel. Tidur bentar sambil pesen makan. Kita ini wong ndeso ges, jadi kesana pengen nyoba sekalian gimana rasanya Richeese Factory sama Wendy’s. Enak juga 🤭 Pantes laris manis.



Sorenya, kita cus malioboro lagi. Karena besok mau balik, malem ini kita mau belanja. Sebenernya pengen juga jalan sama temen yang ada di Jogja, udah janjian juga, eh ada Evi. Nyesel gue, ga bisa ditinggal caper dikit wkwkwk. Btw, aku juga pengen nonton Sendratari RAMAYANA. Lagi-lagi, Evi ga mau. Baiqqqlah. Kita alhasil jalan-jalan aja ke Malioboro.

Nah, adegan lucu ada disini. Kalian tau kan jarak dari hotel ke Malioboro tadi deket. Malam ini, kita nyoba jalan aja sambil cari angkringan buat makan. Udah ngisi perut, kita lanjut jalan lagi. Eh, ada abang becak nawarin. Katanya dianter sampek Malioboro 20 ribon aje. Kita mah ogah. Nawar 10 ribu ga boleh. Yaudah, jalan. Ada yang nawarin 10 Ribu lagi dan karena Evi ingin menikmati indahnya kota Jogja sambil naik becak malem-malem, oke deh kita diangkut. Eh, ada segerombolan anak-anak liatin kita dengan tatapan yang seolah meneriakkan kalo kita ini goblok mampus. Gue mah selow aja. Tapi bener ternyata, kita emang goblok wkwkwk. Kalo bisa diibaratkan, jarak antara titik kita naik becak tadi sama Malioboro itu Cuma helaan nafas. Tinggal merem udah nyampek. Bajigur! 🤬
Palang kereta yg mjd awal mula penipuan tukang becak 😭
Otomatis, evi marah-marah. Dia nggak terima duit 10 ribunya melayang karena penipuan wkwkwkwk. Dia itu bukan eman 10 ribunya, tapi dia itu bete karena nggak nyangka kok sampek segitunya orang nipu wisatawan yang ga tau apa-apa. Ngomong yang jujur kek kalo jaraknya itu Cuma beberapa langkah aja. Atau malah mending minta, gitu dongkolnya si Evi. Udah nggak mood jalan 😒

Malam itu, Malioboro rame banget. Di kanan kiri banyak anak muda jejer duduk di trotoar. Banyak juga polisi yang jaga. Tau kenapa? Karena isunya malem itu Suju mau jalan kesana. Otomatis, gue auto nunggu juga wkwkwk. Tapi karena perut laper, kita makan dulu. Dimana kemaren lupa, tapi baliknya beli es krim di MCD. Ga usah ngatain pamer karena sejak tadi aku ngomongin makanan. Soalnya, gue belum pernah makan di KFC Richeese MCD coy. Anak ndeso gue.


Abis itu, kita ke Bakpia Kukus, beli pesenan temen-temen yang dah nitip. Mampir Miniso bentar. Ga beli, Cuma liat-liat. Eh, beli sih. Beli kuteks doang. Abis itu, udah... kita Cuma duduk-duduk mejeng di pinggir trotoar sambil nunggu suju lewat. Sayang, sampai malem pun bebeb nggak nongol.

Akhirnya, karena hujan petir kilat yang membahana, kita nunggu di depan Ramayana. Sama banyak orang, ada bule, ada bulek, ada paklek, dan sebagainya. Dan fokusku ke satu pasangan kekasih, yang cowok bule, yang cewek indo. Sumpah, timbul sebersit rasa iri wkwkkw. Bulenya ganteng lagi. Kapaaaan akika dapet begituan?

Rame bener kedatengan anak2 SD dari Bandung kalo ga salah sih


Pas udah gerimis, kita balik. Jalan kaki cuy. Nyampek hotel tidur, besok paginya otw balik Ponorogo. Dan u know, apes lagi. Laptop ketinggalan di grab. Auto panik dong. Tapi ada tips nih buat kamu yang ngalamin kejadian sama. Kalo kalian ketinggalan barang di grab, langsung aja call ke CS, bilang barang ketinggalan, mereka konfirm, dan driver auto distop dulu orderannya. Yang jadi masalah, ini sebenernya driverku bukan mobil dia, tapi mobil pamannya. Jadi yang punya akun pamannya, dan dia yang ngejalanin. Otomatis yang dikasih nomer dari CS ya nomer pamannya. Karena dia takut ketahuan, mungkin, dia bilang kalo laptopku ga ada di mobil. Hmmm, ku sudah menduga. Ku telp berkali-kali katanya masih di jalan. Ku telp lagi dimatiin. Auto panik double kill.

Akhirnya, aku seranglah bapaknya dengan kalimat kalo aku minta nomer ponakannya yang tadi nyetir. Si bapak malu gitu dan aku dikasih nomernya. Kuhubungi nomer mas-mas tadi dan dia langsung meluncur ke stasiun. Laporan aku cabut dan kita menjalani hidup tenang masing-masing. Begitulah pengalamannya. Tapi apes lagi dan lagi karena Kereta yang kita mau naikin itu tiketnya nggak ada diskon. Padahal kita sengaja nyari diskon. Alhasil, kita nunggu kayak gelandangan di stasiun dari jam 9 pagi sampek jam 3 sore 😴

Terdampar 😑

Begitu tiket di tangan, kita langsung naik dan evi terpukaulah dengan kelas eksekutif kereta api Indonesia hehe. Katanya, oke juga. Dia jadi ketagihan naik kereta ges. Makanya ini ngajak liburan ke Semarang. Gimana? Dijabanin nggak nih semarangnya?
.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tes Kerja di VADS Jogjakarta

Pengalaman Tes Kerja : Rekrutmen Karyawan PLN Tahap 1 (Administrasi) Sampai Tahap 4 (Psikotest)

Pengalaman Test Wawancara Kerja di Bank BTN Kediri