Review Film Komedi Single (Raditya Dika)


nggak ada kata kecewa untuk film ini. semuanya pas. suguhan gambarnya, ceritanya, soundtracknya... yaaaa kalaupun ada yang lebih itu kocaknya. keluar bioskop rahang kita langsung lemes nggak bisa mangap karena kebanyakan ngakak di dalam hahaha. dan kalaupun ada yang "kurang", itu kolor si babe cabita sumpah mengganggu banget di mata. nggak tau sih harus mulai darimana nulisnya, bingung lawong setiap sudut itu bikin ketawa. saya masuk agak telat soalnya antriannya vroh (-__-) mengular dari anyer sampai panarukan. dan berhubung saya ini orangnya nggak sabaran dan temen saya si hesti itu agak labil dalam antri-mengantri, jadinya kita berdua udah antri lama di antrian panjang, begitu liat antrian sebelah ada yang kosong, langsung lari kesana dan apes komputernya pake acara ngadat. jadilah waktu 15 menit kita terbuang cuma nungguin komputer nyala dan itupun di depan kita masih ada 3-4 orang lagi. astagahhhhh!! selesai antri, kita langsung cus jalan. liat dari kejauhan kok cinema 1 masih antri masuk, balik lagi ke antrian tiket cuma buat ngantri cola dan itupun pake nitip ke temen yang kebetulan ketemu disana. jembayikkkkk.

masuk-masuk kita udah disuguhi scene raditya dika yang lagi dinner bareng gebetannya, ngasih joke ini-itu dimana penonton lain yang udah duduk manis sedari tadi udah ketawa panjang lebar sementara kita berenam masih bingung nyari kursi. begitu duduk cantik nih, udah siap ketawa ngeliat dika disodorin undangan sama gebetannya dan wajahnya yang hopeless abisss, datang bencana tidak terduga. 6 orang protes ke kita kenapa kursinya dipake dan saya terutama langsung sadar diri karena emang kursi kita sebenernya ada di sebelah kiri sementara kita dengan pewenya duduk di sebelah kanan. saya langsung berdiri da bilang sorry sorry gitu. untung ya gelap... kalau enggak mah mau jadi apa harga diri the gaes ini. saya dan pasukan langsung ganti protes ke sekumpulan cewek nggak mau ngalah yang dengan tidak bersalahnya menduduki kursi kita. saya bilang "permisi..." eeeeeehhh dia malah jawab kursi tinggal satu. maksudnyaaaa??? kontan saya ngebros tidak terduga dan sekalian aja tanpa basa-basi kita usir mereka hahaha. ini lo perjuangan banget cuma buat nonton single *sigh*

tapi ternyataaa perjuangannya nggak sia-sia. filmnya cucok badai katarina asoy membahana. begitu dika (seterusnya saya tulis ebi sesuai perannya) patah hati karena sang pujaan hati udah nikah sama orang lain, dia nyanyi-nyanyi gaje dan lagunya sih langsung bikin saya mikir "apa ya judulnyaa?"
ebi ini punya adik namanya alvi yang beda 180% dari dia. kalau alvi punya rumah sendiri, pacar yang mau dinikahi, dan fisik yang lumayan oke... nah lo pikir aja sendiri gimana ebi yang kebalikannya. masih ngekos plus duit kos masih ngutang ke nyokapnya yang suka manggil bro-bro, pekerjaan nggak tentu, dan ngobrol sama cewek aja masih dipandu temennya. disini ketambahan 1 lagi cewek cantik (siapa ya namanya?) yang kos di tempat trio ebi dan jadi sasaran gebet si ebi. laras kalau nggak salah. eh siapa sih lupa. pokoknya cantik lah. ala-ala dokter raisa. tiap 5 menit kita ini dibikin ketawa. adaaaa aja kelakuannya. contohnya ya, pas trio ebi clubbing nyari gebetan, dengan musik dan lighting yang udah oke, eeeh si babe cabita clubbing pake baju batik sodara-sodara hahaha sumpah ini tanpa kata-kata aja udah bisa bikin semua yang nonton nganjir ketawa. udah gitu, ebi di depan pevita pearce sok-sokan mau bayarin cranberry juice pake duitnya yang cuma 20 ribuan dan 2 ribon, pake ngomong "ambil aja kembaliannya" dan dijawab sama bartendernya "ini kurang kali mas" hahaha. tapi pevita disini cuma cameo doang. but she stunning as always.

ada lagi pas ebi kena dampak dari "tabungan" yang babe cabita alias victor simpen di dalam kloset yang mampet, hesti yang duduk di sebelah saya udah teriak-teriak nggak bakal liat. idih saya juga ogah... kuning-kuning ngambang gitu dan tilas makhluk item yang rambutnya tidak berbentuk pula... astagahhhh. dan si victor ini, dia ini semacam peranakan genderuwo tapi kok takut banget sama setan? hahaha justru itu seni komedinya. apa ya istilahnya? majas ironi kalau dalam bahasa. victor ini tiap denger suara-suara atau ada kejadian apaaa gitu langsung nemplok ke pandu yang menurut saya paling gentleman diantara trio ebi. dan parahnya, dia nggak peduli tuh kalau kosnya nggak dihuni kaum adam aja, dia keliaran seenak jidatnya cuma pake celana dalam putih doang yang ada tulisannya victor dan saya yakin pasti seisi ruangan langsung bandingin dia dengan tuyul hahaha.

scene yang saya suka itu waktu trio ebi dan sekeluarganya calon alvi liburan ke bali. pemandangannya masa Allohhhhh... jadi pengen kesana lagi. mulai dari bandara tepi pantai itu, hotel yang langsung menghadap laut, sampai tempat makan yang ala-ala kaum sosialita. disini cerita udah mulai agak serius. hanya gara-gara temen-temen ebi mau bantuin ebi nyatain cintanya ke laras atau siapalah itu, ebi nggak sengaja malah bikin masalah sama dia, berantemlah mereka... dan ebi pake acara berantem juga sama sahabat-sahabatnya. yasudahhhh... disini saya mulai berpikir, ternyata film ini nggak menjual tawa doang. ada maknanya yang dalam juga. mulai dari ikatan antar sahabat, perjuangan ebi jadi stand up comedy, dan gimana sebuah rasa yang tulus bikin gagu ngomong ke cewek itu jadi nggak dipermasalahkan nantinya. dan laras ini... she is trully kind-heart. dia nggak gampang menjudge orang dan nggak seperti cewek-cewek sok kekinian di luar sana. dia bersinar karena yang ada di dalam hatinya emang bener-bener seputih mutiara. satu hal yang bisa dipelajari dari laras: jadi cewek cantik itu nggak akan cantik kalau masih sombong dan memandang sisi negative dari para pengagumnya.

tapi saya suka kok endingnya... meski ada sedikit hama pengganggu antara ebi dan laras yang berwujud manusia sok model dari belanda itu, overall semuanya bahagia. ebi dapetin apa yang dia mau dan quote yang paling saya suka di film single ini, "jadi single itu masih bisa bikin lo bahagia. tapi kalau nggak singlem satu hal yang mesti lo pastiin, lo itu cuma penasaran, atau karena dari perasaan?"
pasti para jombloers habis nonton film ini langsung merasa "diiiiiih ni film gue bangetttt!!!" dan dalam hati di sepanjang film mulai sampai ending, lo pasti bakal manggut-manggut setuju sambil mikir, akhirnya ada juga yang ngertiin gueeee hahahaha. iya kan? alahhh udah ketebak mah yang gituan. soalnya saya juga sihhh.
overall bintang 5 filmnya. ost dari geisha "sementara sendiri" wajib buat kalian download.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tes Kerja di VADS Jogjakarta

Pengalaman Tes Kerja : Rekrutmen Karyawan PLN Tahap 1 (Administrasi) Sampai Tahap 4 (Psikotest)

Pengalaman Test Wawancara Kerja di Bank BTN Kediri