Pengalaman Test Wawancara Kerja di Bank BTN Kediri

Ini sebenernya adalah pengalaman saya beberapa tahun yang lalu, lebih tepatnya di November 2017. Ini juga satu rangkaian perjalanan dengan perjuangan tes di Krakatau Steel, jadi yang belum baca pengalaman tes saya di Krasteel, bisa baca dulu di link ini.

Langsung masuk ke cerita yang kejadiannya penuh dengan drama, selepas saya selesai tes di Surabaya saya langsung berpisah dengan temen saya yang sama-sama dari Ponorogo. Saya dijemput adik saya dan kita langsung gas ke stasiun. Rencananya saya mau ngejar jam keberangkatan tiket KA yang sudah saya beli sehari sebelumnya. Padahal lusa saya mau tes di Kediri, tapi sore itu saya rencana balik dulu ke Ponorogo dan lanjut besok naik kereta dari Madiun ke Kediri.

Sayangnya begitu sampai di stasiun, kereta yang harusnya tiba jam 5 sore delay sampai habis mau isyak. Kabar yang disampaikan pihak stasiun adalah terjadinya banjir di Porong yang mengakibatkan rel tidak bisa dilewati. Alhasil, adik saya nyaranin naik bus. Saya yang nggak mau. Maklum, saya tipe mabuk darat wkwk. Udah badan capek, bad mood, ditambah harus ke Bungur yang jaraknya satu jam hanya demi naik bus ke Ponorogo... rasanya kok mo nangis.

Singkat cerita, pihak stasiun menyarankan untuk refund. Alhamdulillah dapet 100%. KAI emang layanannya semakin terbaik, refund pun ga pake lama. Cuma tinggal antri dan uang dikembalikan cash malam itu juga. Next plan, saya chat temen saya buat ijin menginap di kosnya. Kebetulan, temen saya yang super baik ini (wati namanya), sedang kerja shift malam. Alhasil, saya Cuma dikasih tahu alamatnya. Dengan berbekal google maps, adik saya yang juga baru belum lama kuliah di Surabaya itu nganter saya cari kos wati. Muter-muter TP karena salah jalan, tanya sana-sini, akhirnya ketemu lah sebuah gang dimana kos wati berada.

Kala itu udah sekitar jam 8 malam. Adik saya pamit dan saya langsung masuk ke kamar wati. Rebahan cantik sambil cari info tiket kereta komuter ke Kediri. Maklum, saku pas-pasan jadi cari yang murah meriah. Denger-denger tiket komuter Sby – Kediri Cuma 8 ribu rupiah (saat itu). Esok paginya, diantar wati yang sebelumnya baik banget beliin saya sarapan (huhuhu), saya ke stasiun lagi. Eh sayangnya, tiket sudah habis. Rupanya, saya tidak mempertimbangkan fakta bahwa karena murah, maka banyak yang antri berjam-jam sebelumnya.

Panik? Sudah pasti. Tapi wati gercep. Saya langsung dianter ke Bungur. Saya yang polosan karena belum pernah naik bus dari Surabaya seorang diri, apalagi turun di Kediri, mendadak jiper. Pasalnya, Bungur segede itu dan saya sempet didatengin banyak calo. Mana saya jawab dan dimarahin wati lagi kwkwk.

Tanpa babibu, wati langsung ke bus yang jurusan Kediri. Saya dipesan ini-itu dan saya Cuma iya-iya aja. Padahal saya berusaha biasa, tapi satu kalimat dia yang bikin saya ga bisa nahan nangis, “Semangat tik. Ini namanya perjuangan. Semoga berhasil.”

Sederhana, tapi ngena banget di hati. Watiiiiiiii, miss you ^^

Saya duduk paling depan sendiri. Sebelah saya cowok dan saya Cuma diam. Untungnya, bus lumayan enak dan saya aman dari aksi mabuk haha. Cuma ngenes aja, gini banget rasanya cari kerja. Begitu bus udah di Kediri (perjalanan kurleb 2-3 jam), saya dengan oonnya nanya ke penumpang cowo sebelah saya.

“Mas, kalau di Kediri, turunnya dimana ya?”

Mas nya langsung nahan tawa geli. Sialan. “Ya mbak nya mau turun dimana?”

Denger jawaban itu, saya dalam hati mikir, ya goblok juga pertanyaan gue. Kediri kan luas, kenapa gue tanyanya turun dimana?

Tapi karena udah panik, saya jelasin deh chat dari iwil (temen saya yang ada di Kediri dan mau saya tumpangin) dan si masnya langsung ngarahin singkat. Saya iya-iya aja padahal saya dalam hati ga paham sama sekali T.T

Dengan polosnya, saya ngomong ke Kernet, “Pak, tujuan saya blablabla. Nanti tolong diteriakin kalau udah deket ya pak.”

Kernetnya baik bangettttttt. Udah bapak-bapak dan dia senyum menenangkan. Mo nangis lagi... inget bapak di rumah huhu.

Eh, begitu udah di perempatan yang dimaksud temen saya, kernet teriak dan bus berhenti. Saya langsung turun dan ngucapin makasih berkali-kali. Lega. Aman sampai Kediri, meski keadaan lagi gerimis dan saya nenteng tas lumayan berat di tengah gerimis, nggak dijemput iwil karena dia mager (jahattttt emang), dan saya dengan legowonya naik ojek. Ternyata deket banget, 5 menit ga sampai. Langsung turun dan naik ke kamar iwil di lantai 2 kosnya. Dia ketawa jahat ngeliat saya dekil banget.

jahat banget emg gue ditaruh di bawah

Langsung deh saya bersih-bersih dan rebahan. Ternyata, badan saya panas banget malam itu. Saya sampai ngigau dan untungnya, iwil kan dokter tuh. Dia dengan baiknya biarin saya tidur dan beliin makanan. Saya udah nggak tau deh itu ngigau apaan. Cuma iwil doang yang paham. Intinya, saya flu berat hari itu. Alhamdulillah, esoknya pas hari H tes, saya udah mendingan meski masih anget. Pagi-pagi saya sudah siyap mo wawancara sementara iwil masih ngebo. Alhasil, saya turun cari nasi pecel sendirian di deket kosnya. Saya makan, saya minum obat, dan cari gojek.

Tiba di medan perang, perasaan udah deg-degan. Rupanya, banyak banget yang mau wawancara. Kebanyakan rumahnya deket-deket Kediri dan saya merasa bahwa saya ini nekat juga dari Ponorogo bela-belain tes di bank yang saya tahu sih sebenarnya saya ga mungkin diterima. Bukan karen permainan atau apa, tapi emang karena saya ngerasa skill dan pengalaman nggak mendukung. Tapi saya tetep coba, siapa tahu rejeki.

selfi sebelum masuk ruangan wawancara

Benar saja... begitu udah masuk antrian dan wawancara, saya ngerasa bahwa saya nggak akan lolos. Pertanyaannya sederhana, Cuma tentang alasan kenapa saya daftar dan kenapa saya harus dipilih. Tapi yang namanya minim skill, saya jawab dengan polosnya kalau saya butuh kerja dan kebetulan BTN yang buka loker. Goblok emang wkwk. Jadi buat temen-temen yang baca, silahkan cari jawaban sebaik mungkin yang kesannya nggak lebay tapi juga nggak jujur-jujur amat.

sepatu pinjaman dari eviliana masih setia menemani

Selain jawaban, persiapkan juga tinggi badan dan berat ideal. Nggak usah maksa kalau emang tinggi kalian nggak ada 160 cm. Soalnya, kita pas wawancara ini diukur tingginya. Disiasati pake sepatu hak? Jangan mimpi. Pasalnya, sepatu ini akan dilepas dan kalian bener-bener ndlamak alias tanpa alas kaki. Jadi yang tinggi badannya 155 cm kayak saya, mending sadar diri hehe. Tapi nggak salah juga mencoba, Cuma chance keterima of course yang tinggi badannya sesuai standar perbankan.

ruangan tes ada di depan sana

Tips ketiga, kalau mau masuk, jangan gugup dan tunjukkan kesan santai. Soalnya kalian wawancara one by one meski di ruangan itu ada 5 meja user dengan masing-masing anak yang berbeda. Tunjukkan kalau kalian itu siap dan percaya diri. Jangan jiper kayak saya. Beda banget sih emang aura orang yang percaya diri dengan aura kejiperan yang hakiki.

Terakhir, jangan menyerah. Nggak masalah jika gagal hari itu, masih ada hari lain menanti kamu. Yang penting, usaha. Tapi meski nggak keterima, saya dapet banyak hal. Pertama, tentu saja pengalaman saya bertambah. Mulai dari cara naik bus ke Kediri sampai cara wawancara di bank (yang di kemudian hari membuat saya diterima di BTPN Syariah). Kedua, tentu saja nambah temen. Percaya atau enggak, saya dapet kenalan waktu itu dan masih sering ngobrol by wa sampai sekarang. Namanya Diana, anak kediri asli, dan sekarang kerja di Bulog Madiun. Miss you, Di.

Terakhir, saya langsung balik kos, persiapan pulang buat besok, dan sampai di Ponorogo dengan selamat. Oiya, thank you iwil udah mengantar ke stasiun Kediri pagi-pagi jam 6 padahal biasanya dia bangun siang.

perjalanan ke bank

stasiun kediri

udah di dalam kereta ekonomi yeeeey

menatap masa depan yg kosong dan suram (kala itu...)