Pengalaman Kerja di Perusahaan Swasta di Kota Besar : Korean Drama in Real Life

Postingan-postingan sebelumnya kan kebanyakan bertema pengalaman tes, jadi kali ini saya mau curhat hal lainnya. Nggak jauh beda, cuma ini pengalaman kerjanya. Bagi kalian yang punya nomor kontak saya, pasti udah tau dong beberapa hari yang lalu saya spoil soal kerja di A, B, dan C. Sebenernya, itu Cuma curhat semata sih. Mendadak kangen ceritanya. Tapi kok ternyata masih ada banyak yang mau saya ceritakan. Jadi dengan senang hati, saya mau berbagi curhatan disini. Siapa tau menginspirasi ^^

Selama saya 3 tahun cari kerja pontang-panting sana-sini, mulai dari tahun 2017 (selepas lulus kuliah) sampai tahun 2020 akhir (sebelum masuk kerja yang saat ini), saya sebenernya beberapa kali udah pernah merasakan ‘dunia kerja’. The real dunia kerja yang sesungguhnya, meski sebagian besar masih training.

Jadi bagi yang belum ngerti, nanti setiap kita mau kerja, entah itu di swasta, atau negeri sekali pun, pasti kita bakal melewati masa training. Nggak mungkin enggak. Itu udah wajib, sewajib masa orientasi kalau kita masuk sekolah baru. Dan kalau boleh ngaku, masa-masa ini adalah masa dimana kita tersiksa, tertekan, dan segala macem hal yang bisa bikin depresot kalau nggak kuat. Lama waktunya juga macem-macem, ada yang 1 bulan, 3 bulan, dan ada juga yang 1 tahun. Dan kebetulan saya udah merasakan semuanya (mengsedih).

Anyways, ada beberapa kerjaan yang mau saya ceritain. Ada sukanya, ada juga dukanya. Saya spoil semua disini deh. Termasuk gaji juga. Itung-itung nambah wawasan ye kan. Biar hidup nggak terpaku ke satu kerjaan yang dipandang sebagai kerjaan idaman mertua (you know what I mean). So, here we are…

Pertama, saya training kerja di hotel. Ini bener-bener lucky sih kalau mau dibilang. Saya bukan anak perhotelan, tapi tiba-tiba bisa dapet kerjaan jadi Front Office di hotel yang harga sekamarnya sama dengan gaji gue sebulan di kerjaan sekarang buahahahaha. Fyi, kenapa gue bilang beruntung? Karena seperti yang kalian tahu, anak lulusan perhotelan aja masih gampang-gampang susah cari kerja di hotel dan saya yang malah nggak ada basic ilmu hospitality apa-apa, cuma bawa ilmu manajemen doang (itu pun pas di kampus ga gue dengerin wkwk), bisa diterima dengan aman lancar damai sentosa.

Ini di lantai 2 hotelnya, total ada 8 / 9 lantai saya lupa

Nggak pakai orang dalam, harus dicatat! Jadi, saya bisa dapet kerjaan itu karena saya kan suka tuh apply job via online. Selain jobstreet, ada banyak situs yang saya apply, salah satunya di Neuvoo.com. Nah, disana saya liat ada job FO yang tulisannya “urgently needed” buat divisi SPA yang mereka baru buka. Langsung deh saya apply. Rupanya, akun ini ngelink tuh sama akun LinkedIn. Karena saya udah all out sama akun LinkedIn, jadi mungkin user yang liat tertarik sama CV saya. Inilah guys pentingnya cover letter sama CV yang eye catching. Jadi meski gue udik sekali pun, gue mungkin ‘diperhitungkan’. Kayaknya sih demikian…

Singkat cerita, saya dihubungi buat interview. Prosesnya juga cepet. Interview sama supervisor, nego gaji, dan yang paling penting, ditanya apa bisa bahasa inggris aktif. Dengan pedenya, gue jawab iya wkwkwk. Dan dari sinilah awal tekanan gue dimulai.

Ini foto gue inget bgt pas balik jam 12 malem di lift mau ke basement. Berani-beraninya... sendirian pula.

Di hari pertama... Jediiiierrrrrr... ada beberapa hal yang bikin gue langsung kena mental breakdance ( baca : mental breakdown). Jadi ceritanya ada call dari room. Di desk, saat itu shift pagi, cuma ada dua orang, saya yang lagi belajar buku panduan sama mba satunya yang lagi handle tamu. Berbunyilah telepon terkutuk itu. Saya diminta angkat, padahal gimana cara greeting juga belum diajari dan belum tau sama sekali panduannya.

🐨 = Saya

🐼 = Mas Bule yang gue tau banget lu ganteng paripurna cuma dari suara doang, tapi mon maap waktu itu gue mikirnya gue masih dipekerjakan atau enggak 😂

Jadi, saya detik itu dapet panggilan pertama dari tamu bule. Dan kira-kira seperti inilah percakapannnya…

🐨 = Halo bapak/ibu, dgn tika, ada yg dapat dibantu?

🐼 = Hello there, asnzkzkshdfhazyz?

🐨 = y-yes? Can i help you?

🐼 = Can you sjsjsjbzziisksksk?

🐨 = .... o-okey, wait a minute. (Langsung panggil senior dan auto nangis di pojokan)

Parahnya, nggak hanya nggak bisa jawab, tapi kata senior, greeting yang saya ucapin tadi salah. Harusnya saya bilang "hi, may i assist you?" biar lebih sopan. Hospitality itu intinya adalah attitude dan pelayanan, jadi ibaratnya kita harus pakai bahasa inggris yang baku banget. Mampus… untung seniorku sabar banget, hiks mo nangis kalau inget

Jadi kalau di FO dilarang keras pakai kacamata ya guys

Anyways, otak saya langsung ngelag di sisa hari itu. Udah disuruh belajar segala macam basic hospitality, belum pembukuannya, ditambah insekyur bahasa inggris wkwkwk. Ngenes bangettttt. Saya pikir ya, dulu pas di SD sampai kuliah, bahasa inggris saya tuh yang paling oke dari siapapun. Bukannya sombong, tapi emang saya nggak pernah tuh di kelas bahasa inggris dapet nilai B. Presentasi ngomong full inggris sendiri juga lancar, padahal temanya adalah derenomination currency. Toefl juga sabi lah. Nonton film bahasa inggris juga ngerti walau kadarnya Cuma 75%. Tapiii… Bahhhh… pas praktek sama native nya langsung, saya seperti jelly yang meleyot. Kicep. Tidak bisa ngomong apa-apa 💔💔

Terus, mental breakdown yang kedua itu pas hari kedua atau ketiga, saya lupa, pokoknya masih di minggu pertama. Saya diajarin gimana caranya showing atau menyapa tamu sekalian promo produk-produk hotel. Macem kasir indomaret gitu lah pas nawarin ada diskon wkwk. Nah, waktu itu saya masih inget banget, showing sekitar jam 8 malam. Kalau kalian tahu, di hotel itu ada yang namanya jam ramai, yakni jam 2 siang saat tamu-tamu check in dan jam 8 malam saat tamu-tamu keluar cari hiburan. Di jam inilah kita harus showing. Kalian bisa liat di lobi di hotel-hotel besar, pasti bakal ada GRO, terapis spa, dan macem-macem divisi yang lagi showing disana.

Ini adalah gue di hari berikutnya, bener-bener depresot bund wkwk

Waktu itu, saya showing dibawah pengawasan SPV langsung. Tugasnya cuma showing ke tamu-tamu yang lagi duduk di lobi. Yang namanya gue, sudah pasti auto insekyur dan langsung drop. Tapi gimana, mau nangis juga nggak bisa. Akhirnya saya cari target. Ada dua cici-cici Chinese ala Crazy Rich Surabaya yang lagi duduk ngobrol berdua. Saya samperin. Saya kenalan, sapa, dan saya kasih lah itu brosurnya. Eh, cicinya tanya, “ada diskon khusus nggak untuk member Accor?”

Gue langsung be laik – “what, apaan Accor? Apaan nih? Apa ini miskah?”

Saya jawab seadanya aja tuh. Padahal dalam hati saya nggak paham Accor itu apaan wkwk. Cicinya sih nggak tanya lagi, mungkin dia tau saya nggak paham. Ta-tapi yang bikin ngedown, mereka langsung ngobrol pake bahasa mandarin. Ngobrol bukan sembarang ngobrol, tapi sambil bolak-balik brosur yang tadi gue kasih. Mampus, jangan-jangan gue yang digibahin?

Akhirnya sejak saat itu, aing bertekad bahwa setidaknya saya juga harus bisa bahasa Mandarin meski sampai saat ini, yang saya bisa Cuma bilang meiguanxi doang. Dan ternyata saya baru tau, abis malam itu pas saya googling, Accor Club itu ternyata keanggotaan hotel yang kayak VIP gitu lah. Bajing… malu banget gue inget jawaban yang gue sampaikan tadi.

Saat itu, saya ngga tau sih kenapa bisa kalah sama pressure. Resign karena kerjaan berat, ilmu nggak memadai, dan sendirian di Jogja. Ditambah saya anaknya introvert. Jadi sebulan pertama tuh saya masih belum bisa membaur. Akhirnya pikiran saya jadi macem-macem. Ditambah waktu itu tiap jam 2 malem selalu bangun dan liat jendela kos. Mana kamar pojok deket kamar mandi. Pikiran udah ngeri aja takut ada hantu segala macem. Apalagi kos yang saya pilih tuh anak-anaknya nggak membaur, nggak kayak disini. Dan saya memutuskan milih hidup yang sederhana aja dengan balik kampung.

beli tiket langsung wkwk

Pas kerja di Surabaya juga. Keluar karena pressure. Ini kalau periksa ke dokter, kayaknya emang ada yang nggak beres sama diri gue. Bayangin... Kerja gaji mantul, belum bonus kalau ada klien nanti (kata temenku yang udah senior dan tetap ya, sebulan mereka bisa dapet bonus sampai dua digit, kalau training ya bersyukur aja dapet 1 digit), terus juga dapet fasilitas tab, tiap training juga pasti di hotel yang nggak ecek-ecek, antar jemput grab sama anak-anak yang lain tiap training. Dikasih uang saku pula.

Bagi-bagi tab abis training

Pas kerja juga… pakaian rapi-rapi semua, tim solid padahal asalnya dari macem-macem daerah di seluruh jatim, spv juga baik-baik, bisa kenal banyak orang keren, apalagi kalau main seru banget biasanya bareng-bareng semobil terus gaje tujuannya dan berakhir ngemall. Janjian jam 7 tapi berangkat jam 9. Soalnya mereka kalau dandan lama, apalagi si temenku yang dulu udah jadi manajer resto tapi keluar karena khilaf katanya wkwkwkk. Dandan harus mix match baju, padahal gue cuma kaos sama jeans doang. Jadi kalau sama mereka itu saya berasa lagi jalan sama anak-anak selebgram karena mereka emang top to toe branded semua sih, nggak kayak gue yang seadanya karena emang nggak ada duit coy bukan karena gue merendah (Plissss).

Dan yang diinget… kalau waktu training itu, tiap malem pasti ada aja yang main ke kamar, atau kalau nggak gitu ke kamar yang lain, terus keluar semua rahasia masing-masing yang gue harus berlagak poker face padahal aslinya gue syok sama kisah hidup keliaran mereka wkwk. Gue kadang terkedjoet sama kejujuran mereka. Bisa-bisanya baru kenal beberapa hari udah spill kebejatan hidup. Ini karena gua yang emang nyaman banget dianggep mamah dedeh apa karena mereka emang nggak sepeduli itu? Bener-bener... kalau denger kalian bisa jantungan karena menurut saya nih, saya orangnya udah termasuk yang open minded tapi masih aja kagetan kalau musuh anak-anak kota wkwk.

kamar ini adalah saksi bisu betapa banyak gibahan yg gue tampung yg membuat gue berpikir bahwa ternyata cerita-cerita di novel benar adanya

Tapi itu yang bikin saya jadi mikir. Ibaratnya sih, kehidupan bebas kota-kota besar ada di sekeliling saya dan saya terlalu nggak percaya diri untuk berpikir bahwa saya pada akhirnya nggak akan jadi seperti mereka. Namanya temenan, sudah pasti lama-lama juga ngikut. Dan gue nggak sekuat itu untuk tegoeh pendirian.

Selain itu sih, alasan lain keluar juga karena emang pressure tinggi banget. Bayangin, kalian harus paham apa itu paper asset, harus bisa ngasih financial advising ke klien, harus paham ini duit mereka mending diinvestasikan atau dikemanain, kan anying… gue emang anak manajemen, tapi demi Allah diajar pasar modal 1 semester aja gue nggak paham. Apalagi ini yang training cuma semingguan, sisanya otodidak di medan kerja.

Tragedi paper aset yg bikin gue trauma

Dipikir, enak juga ya kerja di kota besar. Duit banyak. Eh, jangan salah. Ini belum yang di salah satu Non Government Organization (NGO) terbesar di dunia yang cabangnya ada di Indonesia, yang kalau mau masuk disana kalian bakal diliat riwayat kriminalitasnya. Macem kita mau apply jadi agen S.H.I.E.L.D wkwkwkwkk. Jadi, riwayat kita tuh harus bersih dari kekerasan terhadap anak karena ini kan kebetulan NGO yang membidangi kesejahteraan anak.

Ini another level sih. Saya juga heran. Bisa-bisanya saya dapet kerja di beginian. Mimpi apa gitu lo. Asli, kalian berasa kece sih kerja disana. Soalnya, depan gedung itu ada kopi-kopian (contoh : starbucks) dan pas saya dateng di jam makan siang dulu buat interview, karyawan-karyawannya pake ID Card di leher sambil jalan bawa kopi. Bah, ini drama banget sih wkwk.

Anyways, kerjanya jadi fundraiser. Jadi kayak semacam karyawan yang cari dana ke donatur, tapi gajinya jangan salah. Seingat saya, yang ditawarin bisa sampai 5-6 jt-an belum bonus kalau udah target. Belum lagi, kita tiap tahunnya dapat jatah cuti dan wajib diambil. Lupa berapa minggu, tapi kantor ngewajibin ambil. Bayangin noh, kantor mana selain NGO yang karyawannya dipaksa ambil cuti karena itu hak, bukannya malah ditelponin di luar jam kerja 😂. Kata manajernya, "kalian sehari kerja cuma 5-6 jam. Dan ga boleh lebih."

Apa karena NGO itu gede? Jadi dunia seindah itu?

Tapi ini saya nggak ambil karena ada alasan tersendiri yang mana nggak ada hubungannya sama lingkungan kerja. Kebetulan saat itu saya dapet tawaran dari yang lain, dan saya dengan begonya lepasin NGO ini padahal udah dapet offering letter dan tinggal berangkat kerja hari senin.

Padahal kalau dipikir lagi, ini tuh skalanya internasional. Siapa tau kan, gue kerjanya bagus, dan bisa dipindah ke NGO cabangnya di lain negara. Bah, baru kepikiran sekarang anjim. Kalau diinget juga, interviewnya juga menurut saya menarik. Nggak se-mainstream interview kerja pada umumnya. Apa karena manajernya masih mas-mas alias masih belum ada 30 tahunan? Jadi interviewnya itu saya ditanya, apa saya suka traveling. Saya jawab iya. Lalu, saya disuruh menggambarin pengalaman terbaik saya selama liburan. Dimana, kesannya, dan buat seolah manajer biar tertarik pergi kesana.

Ya karena saya punya basic nulis, saya lancar-lancar aja ngerangkai kata. Manajernya amazed. Katanya, saya cerita dengan sangat menarik, nggak membosankan, dan bahkan jadi membuat dia pengen ke Jogja. TAPI SELAMA NGOBROL SAYA NGGAK KONSEN. Pasalnya, manajernya kemayu dan ngomongnya juga pake which is – which is ala anak jaksel wkwk. No offense, lucu kok. Tapi you know kan kalau kemayu itu berarti apa? Bukan judging ya. Tapi saya mikir lagi, wah ini kalau temenan sama manajernya, bener-bener circle pertemanan gue akan sangat bervariasi orientasinya… emang another level ya gengs kerja di kota besar.

Dan ini tuh diamini sama temen saya yang juga pernah kerja di hotel. Bedanya dia bagian F&B. Katanya, temennya ada yang belok. Padahal secara fisik, dia bener-bener laki-laki sejati. Badan gede, wajah lumayan, dan nggak keliatan kemayu. Tapi kata temen saya, cowok belok sejenis itu tipenya juga bukan yang kemayu, melainkan yang badannya lebih gede. Pas ketemu cowok yang sesuai tipenya, bisa salting juga, deg-degan, macem cewek ketemu gebetan. Terus saya langsung mbatin dong... Wah, nambah lagi ilmu kehidupan aing yang sudah sangat berwarna ini.

Ini adalah kamar hotel yang dipakai pas training. Kisaran harganya 600rb-an dan itu seminggu. Bayangin berapa banyak uang yang dikeluarin perusahaan cuma buat 1 karyawannya.

Back to topic...

Nggak bisa saranin milih, tapi emang Swasta jempolan kalau urusan kesejahteraan karyawan. Even pas di Surabaya itu, sampai tiket kereta kelas eksekutive mon maap, uang grab pulang-pergi bahkan kalau lo mau ngegrab dari Stasiun Madiun sampai Ponorogo, uang makan, dll selama training, direimburse semua. Asuransi juga dapet. Bpjs ketenagakerjaan juga iya. Id card juga langsung keluar begitu training selesai (ga ada seminggu). Uang langsung masuk pas di perjalanan pulang mau packing baju (hari itu juga). Fasilitas semua dari kantor. Belum bonus dan lain-lain. Kalau dipikir lagi, gue dulu segila apa sampai ngerelain hal kayak gini? 😌😌😌

Goblok sih saya lepasin itu semua. Ibaratnya, kerjaan-kerjaan itu adalah semacam jawaban Tuhan dari apa yang selama ini saya cita-citakan. Jawaban dari kehidupan yang saya mimpikan sejak SMA. Fyi cita2 saya adalah : kerja di kota, financial freedom, dan hidup bahagia.

Dan kalau kalian tau, entah itu hotel sampai NGO, berangkat kerja dandan rapi, temen-temen nggak ada yang lusuh, semua oke, apalagi cowok-cowoknya wkwowkkwowk. Jadi inget, pas pertama dateng di hotel, saya udah berusaha make up, pakai jas, rok pendek selutut, heels, dan semua yang dikasih sebagai standar looks saat sebelum training kemarin. Ternyata, penampilan saya masih belum diterima. Katanya, saya nggak dandan. Saya antara mau sedih atau ketawa. Bisa-bisanya, saya yang udah pakai foundation, bedak, lipstick berlapis-lapis disebut kurang dandan? Mau semenor apa coba dandanannya?

Ini make up yang dikatakan kurang. Iya sih, kurang. Juga keliatan kan wajah tertekan saya wkwk

Si SPV bilang saya suruh retouch. Bingunglah aing. Pasalnya, saya nggak bawa alat make up. Jadi, pelajaran untuk kalian guys. Ketika kalian kerja, apalagi yang di ranah wajib berpenampilan menarik, kalian wajib banget bawa tas make up. Kalau kalian mau tau, anak-anak hotel itu bawanya tas macem mau minggat. Isinya, beberapa alat seperti curling, catokan, alat make up macem-macem merk, jepit, cepol, dan macem-macem lah isinya. Gue sih sebutnya kantong ajaib. Karena lo mau apa aja disitu ada. Dan you know, saya datengnya waktu itu cuma bawa tas kecil yang isinya dompet sama hape doing wkwkwk. Nggak tau deh sekaget apa SPV pas ngeliat saya bilang nggak bawa make up.

Akhirnya, SPV minta salah satu senior disana yang lagi dandan buat bantu. Nggak hanya dikasih pinjem, saya juga didandanin. Ternyata, alisnya kurang tebel, harus pakai blush on, lipstick harus yang cerah (padahal saya waktu itu pakai lipstick gelap), dan macem-macem lah, termasuk rambut. Untung waktu itu rambut saya sebahu, jadi nggak perlu dicepol. Pasalnya kalau panjang, kita harus cepol rambut. Dan yang paling utama, saya nggak boleh pakai kacamata. Untungnya, saya bawa softlense meskipun nggak tau juga nanti seperih apa mata tiap abis kerja.

Rasanya kalau boleh dibilang… macem adegan drama yang didandanin itu loh guys hoho. Dan iya sih… saya mikir sekarang, rupanya waktu itu hidup udah beneran kayak dalam drama yang selama ini saya liat. Di hotel, saya ngerasain tuh pas masih nunggu lift di lantai 1, tiba-tiba rombongan GM datang. Otomatis spv narik gue buat menepi. Rupanya, selain ngasih jalan biar GM naik lift duluan, kita juga ngasih greeting. Mana GM-nya nggak noleh, macem GM-GM di drakor yang sengak. Yang nonton drakor pasti tau lah vibe nya kayak gimana.

Pas ke pool di rooftop, spv bilang kalau disana biasanya ada party tiap 17 agustus. Rame. Tiket masuk juga bukan sembarangan. Bahkan staf juga dijatah, ga semua kebagian. Udah saya bayangin nih, andai aja ikut sampai waktu itu, pasti sekarang saya udah ketemu sugersuger 😂

For your information, kerja di hotel itu healthy banget buat lo yang suka ngayal wkwk. Pasalnya, kalian bakal cuci mata setiap hari. Kenapa? Karena tiap tamu yang kalian layani adalah pramugari-pramugara, pilot, tamu-tamu penting, direktur-direktur, dan semacam bule-bule banyak duit yang lagi traveling. Bah, bener-bener… nggak bisa bayangin kalau nyantol salah satu. Auto jadi Sandra Dewi Jilid Dua wkwkwkwk.

Ya allah nangis gue nih ahhh anjir jadi kangen kan... 😏

Tapi kalau dipikir, emang semakin gede gaji, semakin banyak pressure yang didapet. Dan kalau dibandingin sama kerjaan yang freelance nulis – pekerjaan tercinta gue sampai detik iniiii -, pressure-nya masih kalah jauh. Apa karena saya suka nulis, dan itu juga hobi? Jadi saya fine-fine aja meski dikejar deadline tiap hari? Kayaknya sih iya. Pressure kalau nggak diimbangi sama rasa suka juga kayaknya bakal kalah alias keluar sama kayak yang saya lakuin selama ini.

Dan kalau berkaca dari pengalaman, mungkin ada bagusnya juga mundur. Nggak bisa bayangin kalau inget harus sering pulang malem (di hotel bahkan kadang sampai jam 12 malem), mana pake rok pendek, belum bingung cari gojeknya. Kerja juga kayak orang gila. Nggak jarang, harus mikir mau presentasi kayak gimana nanti di depan klien. Manajer sih membimbing, tapi mereka di balik layar. Jadi kita yang diajarin terjun langsung dan hasilnya ilmu yang didapet banyak banget, cuma mon maap otak saya nggak kuat harus tertekan seperti itu tiap hari, bukan tiap seminggu sekali.

Selain itu, saya juga nggak bisa ngikutin gaya hidup karyawan-karyawan kota gede. Iya sih penampilan harus menarik, tapi kalau tiap belanja ke mall juga bisa-bisa bangkrut lah ya. Mana tiap hari makan antara resto satu sama resto lain udah kayak camilan meski seringnya saya dapet traktiran. Night life nya juga.

ini adalah gue yang diajak belanja tiap malem sama temen kantor dan gue cuma ngiler doang bisanya

Nggak munafik, saya pernah memimpikan hidup juga semacam itu. Ibaratnya, saya pengen banget tau rasanya clubbing dan segala macam hal hedonism yang pernah saya liat di novel. Tapiiiii begitu disuguhi beneran… saya jiper hahahahaha.

Belum diajak padahal, masih wacana mau ke lounge rame-rame selepas kerja selesai, saya udah mundur duluan. Bukan club atau bar lagi, tapi udah lounge. Lu bayangin deh, harus pakai baju semacem dress dan gue kan nggak ada duit buat beli. Belum harga segelas minuman which is meski cuma es jeruk sekalipun pasti berbunyi cuan lah bund. Dan nggak mungkin juga mereka ngajak saya ke lounge cuma buat minum nutrisari setelah gue ditanyain apa gue pernah minum atau enggak dan gue jawab enggak. Plis lah, sepolos-polosnya gue juga masih bisa paham maksudnya. Jadinya saya alesan segala macem padahal aslinya di kamar ngedrakor wkwk. Ini calon suami gue harus bersyukur nih, secara gue pilih ngedrakor dibanding mencicipi khomr (Buat calon suami gue : "Belahan jiwa lo disini mati-matian menjaga diri, lo kemana aja coyyyy, muncul kek, sudah cukup lo memantaskan diri plisss gue udah mau kepala tiga.").

Tapiiii saya harusnya juga nggak terlalu judging. Pasalnya di balik semua gaya hidup itu, rupanya menyimpan banyak alasan. Ada yang anak broken home, ada yang udah nggak dipeduliin keluarga karena suatu hal, ada yang nikah muda cuma karena pengen cari father figure, ada yang latarnya begini, ada yang begitu, macem-macem lah yang bikin saya jadi mikir… kita emang nggak boleh menilai orang dari covernya. Hidup punya ceritanya sendiri-sendiri dan masing-masing dari kita adalah pemeran utama di jalan cerita kita.

Intinya, semua ada plus-minusnya juga. Plusnya jelas dari sisi kesejahteraan tinggi. Minusnya ya itu tadi... Gaya Hidup. Tapi wajar juga sih mengingat mereka kerja karena emang tenaganya diforsir habis-habisan dan mungkin cara self healing nya dengan belanja. Coba bayangin... Lu masuk kerja hari itu, detik itu juga begitu nginjek kantor lu harus tau apa yang akan lu kerjakan hari itu. Nggak ada istilah masuk jam 8 datengnya jam 10 dan kemudian gabut wkwkwk. Yang ada, dari pengalaman saya nih, misal masuk jam 8, dateng ya jam 7. Pffftttttttttt, ketawa ngakak kalau inget bangun subuh demi menghindari kemacetan.

Tapi kalau ada yang bilang, kehidupan kota itu super sibuk, saya bisa amini. Bagi yang nggak suka, rasanya males. Bagi yang suka kehidupan kota, itu cocok banget buat kalian. Coba rasain deh... Abis kerja full nggak ada istirahat dari pagi sampai malem,


Tiap hari ketemu tim yang sama dengan rentang usia yang hampir sama. Asli, swasta itu timnya bener-bener solid. Nggak ada sensi-sensi atau saling gimana. Isinya ya kalau kerja tim ya kerja tim, nggak ada sok nggak tau ditanyain sesuatu hanya karena lo anak baru dan lo nggak mau aja perhatian bos direbut. Semua bareng-bareng dan terorganisir. Dan kalau ada yang salah, nggak segan negur, tapi abis itu ya udah. Selesai. Ketawa bareng lagi. Profesional semua lah. Bukannya ngedumel di belakang. Itu yang saya rasain sih. Nggak tau kalau di lain tempat dan kesan kalian beda. Sekali lagi, ini cuma berdasar pengalaman saya aja.

Lalu lanjut cerita... coba bayangin abis ngantor ada makan malam bareng, ketawa ngakak-ngakak sambil gibah pakai baju kerja dan semua di cafe itu tau lo seorang karyawan perusahaan bonafide di Indonesia. Feelsnya meeeen... Nggak terjelaskan lah pokoknya.

nunggu grab depan TP
Terus, pulang ke kamar kos dan rebahan, sambil liat kerlip lampu-lampu dari jendela kamar. That's why kenapa tirai nggak pernah gue tutup. Rasanya satisfying, dan bikin gue mikir kalau ucapan Klaus ke Caroline itu emang tepat banget buat cewek-cewek pemimpi kayak gue.

"Small town life. Small town boys. It won't be enough for you."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tes Kerja di VADS Jogjakarta

Pengalaman Tes Kerja : Rekrutmen Karyawan PLN Tahap 1 (Administrasi) Sampai Tahap 4 (Psikotest)

Pengalaman Test Wawancara Kerja di Bank BTN Kediri