Pengalaman Lulus Tes CPNS : Tes SKD (Part 1)

Sebenernya saya masih mau nulis review film. Pasalnya, akhir-akhir ini banyak banget film yang saya tonton. Sebut aja, Black Widow, Sultan Agung, Wonder Woman 1984, etc. Dan semua belum saya buat reviewnya. Tapi apa daya, desakan dari berbagai pihak yang tertekan menghantui terus (CIEEEE KALIAN PENUH TEKANAN YAW 😂).

Jadi, mereka minta saya sharing pengalaman. Di Youtube juga. Pada komen minta bikin review SKB, soal-soal analis pemuda itu apa aja, gimana tipsnya, bahhh… Akhirnya saya tulis disini ya sharingnya. Siapa tau, bisa jadi motivasi dan inspirasi. just for you guys. Tapi mon maap belom bisa bikin di youtube. Selain editing yang makan waktu, akun Youtube saya mau saya dedikasikan untuk hal lain yang TIDAK berbau CPNS 💪.


Bicara soal tes CPNS, apa sih yang ada di pikiran kalian pertama kali? Banyak saingan? Iya sih ya. Pelamarnya bisa ribuan, puluhan ribu, sampai ratusan ribu tiap instansi. Buat saingan per jabatan, dapet 1 : 30 aja udah bersyukuur banget. Soalnya, banyak yang tiap jabatan itu ambil 1 orang, tapi pelamarnya bisa sampai 100 orang lebih. Kalau saya dulu sekitar 1 : 73 orang. Jadi, macem mustahil bisa dapetin itu. Nggak pernah berharap juga. Dan sama sekali nggak kebayang juga…

Nah, buat kalian yang sekarang dapet saingan < 30 orang, banyak-banyakin doa sama belajar. Ibaratnya, setengah langkah udah jalan. Apalagi yang saingannya Cuma 1 : 5 doang, macem Kekey dulu. Kalau tanya kenapa saingan dia bisa dikit, itu karena dia pinter milihnya. Dia ambil yang sekiranya nggak banyak orang ambil. Kalau kayak gitu, seenggaknya, mau berangkat tes masih semangat lah wkwkwk. Gimana milihnya nanti lah lain waktu saya bahas.

Selain banyak saingan, kata ‘ketat’ pasti juga terbayang. Nggak saya kasih tau pun sebenernya kalian juga udah paham sih gimana ketatnya. Pasti udah pernah nyoba juga kan? Saya sendiri ikut CPNS 2x (Tahun 2018 sama 2019). Yang tahun pertama jangan tanya 😁. Itu adalah kenangan pedih karena skor cuma kurang 4 poin aja dari PG. Next time lah ya saya ceritain perjuangannya. Sekarang saya mau cerita yang tes 2019 berikut tahap-tahapnya. Harap diingat, ini berdasar pengalaman saya dan mungkin aja tahun ini ada perubahan.

Pokoknya, awal mula kenapa saya bisa ikut cpns itu karena harapan ortu. Waktu itu saya sebenernya maju mundur buat daftar di pengadaan CPNS Tahun 2019. Mau daftar karena ortu pasti murka kalau tau saya nggak ikut nyoba. Nggak pengen daftar karena :

  • Saya inget riwehnya tes di tahun sebelumnya
  • Rasanya nggak mungkin banget saya keterima cpns karena masih banyak orang di luar sana yang lebih pinter
  • Dunia ini bukan dunia saya bangettt. Jujur nih ya, buat kamu yang jiwanya seperti jiwaku, mending follow your passion aja. Tapi... mau spoiler dikit nggak dari saya yang sudah merasakan hohohohoho? Ternyata, disini pun kamu bisa tetep follow your passion. Pagi kerja, malam nulis, misalnya. Enjoy-enjoy aja kok. Tergantung kamu bagi waktunya sih menurutku.

akhirnya saya ikutan. Dengan tagline, “TIM HORE, TIM IKUT MERAMAIKAN” 😏

Asli guys… saya bener-bener nggak ada pikiran sama sekali bakal tiba di titik sekarang ini. Wong saya klik submit itu pas hari-hari terakhir pendaftaran.

ini kalau dulu servernya tetep kluwer2 ga bisa login beneran aku leave

Anyways meski nggak berharap banyak, saya tetep belajar. Nggak sampai les atau segala macam sih, cuma beli 1 buah buku kisi-kisi soal Tes CPNS doang. Tips belajarnya juga nggak ada. Saya cuma ngerjain soal-soal di buku itu dari halaman 1 sampai halaman terakhir (sekarang bukunya macem piala bergilir alias dipinjem sana pinjem sini). Jadi, soalnya itu ada seperti soal latihan dan soal ujian. Nah, di soal latihan, saya ngerjainnya sambil sesekali buka kunci jawaban. Kebanyakan di matematika. Saya baca kunci buat memahami gimana sih alur penyelesaiannya. Begitu udah paham, saya coba ngerjain. Begituuu terus dan saya ulang-ulang di soal latihan berikutnya. Pas tiba di soal ujian, saya sama sekali nggak buka kunci, nggak buka google, dan saya anggep itu ‘ujian beneran’. Jadi, saya ngerjainnya sambil saya menitin. Waktu selesai ya saya stop. Ketahuan kan nilainya, kelemahan saya di soal mana, saya ngabisin banyak waktu dimana, dan lain-lain. Gitu doang sih belajarnya.

Lanjut!

Sebelum hari H, saya bikin note. Isinya planning. Jadi, saya disitu nulis jam berapa saya tes. Kalau peserta diminta hadir 90 menit lebih awal, berarti saya datangnya jam sekian. Karena itu waktu maksimal, maka setidaknya saya jam sekian harus udah di lokasi. Kalau udah tau jamnya, kita kan enak mau perkirain bangun jam berapa, mandi jam berapa, berangkat jam berapa, dan sebagainya. Mohon maklum, saya orangnya emang gitu. Saya saklek kalau masalah waktu. Kalau janjian jam 9, ya saya jam 8.30 pasti udah ready. Tanya sama temen-temen saya tuh… gimana saya ngomel-ngomel tiap mereka janjian jam 9 tapi dateng jam 11. Selain itu, saya juga bukan tipe yang suka grusa-grusu. Harus well prepared juga sebelumnya. Ya semacam itu lah. Kalau kalian nggak kayak gitu ya nggak papa. Orang kan beda-beda. Se-enjoy kalian aja gessss.

Pas hari H, kebetulan lokasi SKD di kampus saya. Dengan bangga gue sebut UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

Jadi di saat orang lain mungkin bingung dimana gedung yang dimaksud, saya sambil merem pun bisa melenggang buana kesana. Nah, dari parkiran motor ke gedung tes kan lumayan jauh tuh. Disitu, diantara jalan yang panjang itu, dari air mancur Gedung Rektorat hingga air mancur Gedung Baru, saya lihat banyak buanget pengantar peserta yang nunggu. Kebanyakan adalah bapak dari seseorang, ibu dari seseorang, kakak-adek dari seseorang, dan mungkin juga teman atau pacar. Disitu saya mikir… “wah, gila, rupanya banyak orang yang menganggap ini adalah momen penting”. Baru kali itu saya sadar, banyak orang mengharap pada tes ini. Bukan cuma pesertanya, tapi juga orang-orang terdekatnya.

Dan saya mendadak terenyuh. Mungkin itu cara Tuhan ngasih saya dorongan, ngasih saya pencerahan. Jujur, di detik itu… saya kepikiran keluarga. Saya inget gambaran harapan di mata bapak dan ibuk saya sewaktu saya pamit paginya. Nggak usah lah saya tulis apa yang diucapin bapak saya pas saya pamit begini. Bikin saya mendadak mellow. Padahal Cuma ucapan semoga sukses, tapi rasanya masih kerasa sampai sekarang. Bahkan, 1,5 tahun setelahnya. Kalau kalian tau, Bapak saya adalah tipikal orang tua yang menjaga jarak dari anak, galak, tegas, strict, dan nggak banyak omong. Dan tiba-tiba ngasih saya semangat… it means a lot. Really 😭

stand bazaar di halaman. Es teh harga 5rb gengs mon maap wkwk

Jadi detik itu juga saya janji, sama diri saya sendiri, saya bakal ngelakuin yang terbaik di tes itu, even saya nggak masuk, saya nggak akan nyesel karena saya udah ngerjain dengan nggak main-main. Oke, next?

  • Cek Suhu
Nah, langsung aja saya ceritain perjalanan masuknya. Kebetulan saya tes pas belum pandemic. Jadi, kita nitipin tas dulu. Kalau sekarang, untuk masuk ke tempat tes, mungkin kalian pertama kali pasti ngelewatin yang namanya cek suhu. Gengs, nggak perlu ya kalian salaman sama alatnya, macem temen gue pas tes SKB doeloe wkwkwkwkwk. Jadi kalian cuma perlu berdiri doang. Usahain nggak sedang panas, pilek, dan lain-lain. Soalnya kalau sampai kalian diangkut tim medis, ya moon maaap. Dan jangan lupa, denger-denger sekarang ini harus bawa HASIL SWAB & DEKLARASI SEHAT. Jangan lupa dimasukin stopmap aja itu dua-duanya. Biar pas berangkat nggak ada yang ketinggalan.

Sedikit tips buat swab… saya pernah juga mau ada acara terkait cpns dan wajib swab. Waktu itu rencana berangkat kamis sore jam 3. Artinya, saya swab setidaknya rabu jam 3 sore (24 jam sebelumnya). Kalau swab malam? Ya lebih bagus. Itu artinya belum ada 24 jam, kan? Jadi, saya milihnya rabu abis magrib. Nggak niat ngiklan, amit-amit juga dapet endorse tapi tes swab wkwk, Cuma mau kasih tau, saya swab di Pringgo. Dokternya baik dan friendly. Saya dikasih tips biar nggak sakit pas di-swab. Dan beneran nggak sakit. Kerasa sih alatnya pas masuk idung, tapi nggak sakit atau apa. B Aja… murah dan cepet juga.

  • Pemeriksaan Identitas
Seingat saya, kita nitipin tas dulu baru masuk. Semua dimasukin ke dalam tas ya gengs, kecuali kartu ujian, ktp, & alat tulis. Hape juga masuk. Tenang, tas-tasnya dijagain sama panitia kok. Oh iya, sebelum masuk, semua harus udah siap ya. Maksudnya, yang diisi harus udah diisi, yang ditandatangani harus udah di ttd, dan lain-lain. Jangan sampai udah antri masuk tapi baru mau nulis nama, ttd, dan segala macem. Selain itu, perhatikan betul pembagian dari panitia (kalau ada).

Buat masuk, pemeriksaannya berlapis cuy. Berapa lapis? Ratusannnn *hehehe*. Enggak, cuma sekitar 2 – 3 kali seingat saya. Selain dicek wajah kalian sama atau enggak, kalian juga akan ditanyain hal-hal privat seperti nama siapa, rumah dimana, tanggal lahir berapa, dsb. Hal itu demi memastikan bahwa itu KAMU DAN BUKAN JOKI UJIAN. Abis itu, nanti kamu dapet pin buat akses soal. Seingatku sih gitu.

Kamu juga akan diperiksa Satpol PP. Barang-barang yang nggak boleh melekat adalah sabuk, jam tangan, anting-anting, gelang, dan segala macem atribut yang nempel pokoknya. Yang boleh Cuma hijab, kemeja, sama rok dan sepatu. Bahkan, peniti hijab juga nggak boleh keliatan. Jadi ati-ati aja yang nyimpen jimat di dalam underwear wkwkwk.

Lagian ya sis, percuma juga lu pake jimat. Musuh lu computer, bukan manusia. Computer didukunin kan bingung setannya yang mau dijopa-japu otaknya sebelah mana. Andelin Tuhan aja udah. Kalau emang rejeki ya masuk, kalau enggak ya berarti ada banyak jalan menuju sukses yang lain. Santuy ges.

Oiya, perhatiin bener ketentuan pakaiannya. Buat sepatu juga. Kalau perintahnya Pantofel, ya pake pantofel jangan pake sneakers. Nggak lucu lah lu tuker sepatu sama satpam Cuma karena lu nganggep remeh ujian ini. Warna juga item, jangan pake sepatu yang bawahnya ada putihnya. Kan nggak asoy pas yang lain nunggu dengan santuy dan lu masih muter kompleks buat nyari pinjeman sepatu. Iya kalau ada yang mau minjemin, kalau enggak ada? Ya masa nggak ujian Cuma gara-gara sepatu? Nanti headline di berita bisa amsyong ye kan.

  • Ruang Tunggu – Ruang Ujian
Sebelum ke ruang ujian, pasti kamu diminta ke ruang tunggu dulu. Ini kalau ada barengan, enak banget. Bisa ngobrol. Tapi endingnya jadi nggak denger apa yang diinfokan hoho. Jadi, kamu harus mengabaikan lautan manusia yang ada disitu. Daripada ngegibah, mending lu dengerin video yang ditayangin buat prepare.

Dan inilah akhirnya… ruang ujian. JANGAN GROGI. Tips sederhana buat kamu melewati pintu ruang ujian, JANGAN TERLALU BERHARAP. Kadang, orang yang terlalu berharap / pengen banget jatuhnya jadi pengen ‘sempurna’. Dan ketika kamu ingin ‘sempurna’, maka kamu nggak akan bisa. Kadang juga, harapan yang terlalu dipaksakan itu kalau hasilnya nggak sesuai bisa bikin kita sakit ati. So, let it flow aja guys. Kamu orang beriman. Kamu punya Tuhan.

Sebelum kamu klik mulai, pastiin juga komputermu nyala, internet lancar, dan semua udah siap di atas meja (KARTU UJIAN, PENSIL / PULPEN, KERTAS CORETAN). Setelah klik, nggak ada waktu buat panik. Kalau soal nomor 1 nggak bisa, nggak papa. Nggak usah cemas. Langsung klik lanjut ke soal kedua. Nggak bisa lagi… take a deep breath dulu dan lanjut terus sampai ada soal yang kamu bisa banget dan jawab dengan yakin.

Kalau dilewatin terus kan jadi kosong? Coyyyyyyy plissss… ini bukan cerdas cermat. Kosong banyak nggak masalah, kan bisa diulangi ke soal 1 lagi nanti. Tapi ngelewatin soal juga nggak boleh asal lho. Kalau dari saya pribadi, dan semoga bisa ngebantu, bisa pake manajemen waktu. Jadi, saya mengerjakan dengan timing di tiap nomornya. Selain itu, saya buka urut dari nomor 1 - terakhir.

Caranya, begitu baca soal dan dalam 10 detik itu saya nggak paham gimana cara ngerjainnya, maka langsung saya tinggal. Pake sistem baca cepat aja. Nggak usah dibaca semuanya baris per baris, apalagi soal TWK yang macem Koran, karena bisa-bisa lu gumoh di tempat. Tapi kalau saya baca dan keliatan bisa ngerjain, setidaknya paham alurnya kayak gimana, saya lanjut di nomor itu. Tapi juga nggak lama. Saya kasih maksimal 1 menit di tiap nomornya. Itu maksimal. Nggak sampai 1 menit pun lebih bagus. Aduh, gimana ya jelasinnya? Intinya, saya nggak stay di satu nomor aja setelah 1 menit. Saya move ke soal berikutnya. Dengan catatan, saya tulis jawaban yang masih ragu itu (misal antara A atau C) di kertas coretan.

Nulisnya, “19. A / C”.

Simpel, tapi bermanfaat menurut saya. Jadi, trik ini berguna untuk mempersingkat waktu mikir pas saya ngulang mau ngerjain soal ini lagi nanti. Saya nggak perlu lagi mikir dari A – E, yang perlu ditimbang cuma A atau C. Jadi nggak mikir dua kali lagi dan ngabisin waktu.

Dan saya rasa ini sih kebanyakan yang dilakuin orang. Banyak dari mereka yang stuck di satu soal selama bermenit-menit lamanya, ngerjain rumus nggak jelas, bikin coretan yang pas diulang baca nggak mudeng itu apa, tapi ujung-ujungnya dilewatin, Paham kan maksudnya?

Begitu udah selesai ngerjain sampai nomor terakhir, silahkan balik lagi ke nomor awal. Begitu seterusnya sampai semua jawaban terisi dan waktu habis. Seingatku, nggak ada pengurangan nilai dari jawaban yang salah. Jadi mending dijawab aja semuanya. Siapa tau jawaban ngawur tapi bener hahaha.

Ta-tapi gimana kalau tetep nggak bisa jawab?

Nggak bermaksud menggurui dan sok tau, tapi kalau dipikir, sebenernya apa ada soal di SKD yang sampai integral, sin cos tan, atau soal-soal yang butuh rumus yang nggak bisa dihafal?

Nggak ada, kan?

Jadi menurut pendapat saya, soal-soal SKD, terlebih yang TKP, cuma seputar logika dan nalar. Kalau kalian udah biasa ngerjain soal psikotes, soal-soalnya pasti familiar. TKP ini juga digunain sebagai soal ujian masuk STAN di jaman saya SMA dulu. Sampai lulus kuliah dan wawancara kerja pun, saya nemuin soal psikotesnya pasti ya begini. Jadi lumayan akrab buat saya yang rajin dan semangat ikut interview 😉. TIU pun sama, masih bisa diutak-atik meski nggak tau cara yang bener ngerjainnya.

Terakhir banget, tenangin diri dan jangan terpancing kalau kanan dan kirimu sudah selesai. Sisa waktumu berapa, ya itu yang kamu jadikan acuan. Ngerjain soal macem SKD ini sebenernya kuncinya Cuma fokus. Begitu fokus kamu ambyar, maka ambyar pula harapan kamu. Kadang, malah orang-orang tuh nggak sadar mereka udah meng-ambyar-kan diri mereka sendiri. Contohnya selain tolah-toleh kanan-kiri adalah ini. Contoh lo iki. Contoh.

Misal kamu baca soal di nomor 1 dan nggak bisa. Lalu ke nomor 2, dan nggak bisa. Panik, kan? Mikir… “ini soal kok sulit banget. Pasti seterusnya sulit.” Terus langsung deh loncat ke nomor sekian, misalnya nomor 45, berharap ketemu soal TIU. Abis itu, langsung baca 1 soal. 2 soal. Tetep nggak bisa. Loncat lagi ke nomor 88 misalnya, berharap ketemu TWK. Soalnya begitu dibaca puanjanggggg dan bikin bingung jawabannya yang mana. Akhirnya, bingung sendiri. Mikirnya… “kok semua sulit. Kok aku nggak bisa. Kok ini waktunya tinggal segini. Kok jawabanku nggak ada…” dan segala macem. Kalau udah gini, nggak akan bisa fokus. Yang ada kamu malah takut sendiri dan otak mendadak blank.

Dari segi medis ada kajiannya lho guys. Jadi, otak itu butuh oksigen untuk bekerja. Tau kan salah satu fungsinya adalah kognitif atau daya ingat? Begitu kamu panik, maka asupan oksigen kamu akan berkurang. Begitu tubuh kamu kekurangan oksigen, otak juga nggak dapet supply yang normal. Padahal buat mikir, otak harus dapet supply yang cukup. Tau kan kenapa manusia jadi mendadak bego ketika panik?

Last but not least, kalau udah selesai, jangan lupa periksa lagi kerjaanmu. Jangan keluar di sisa waktu yang masih ada 10 menit hanya karena kamu pengen dianggep PINTER. Please… ra njaman kui. Pinter yo pinter ae, rasah didudoh-dudohne. Karena apa? Orang-orang di sekitarmu akan mengenalmu seiring waktu dan akan tau value kamu. Nggak perlu show off karena kamu yang bakal apes sendiri. Kenapa? Ya mon maaap itu waktu masih 10 menit. Itu masih bisa banget buat kamu gunain croscek jawaban, mikir ulang jawaban yang masih ragu, dan lain sebagainya.

Saya dulu keluar pas waktu bener-bener sisa berapa detik doang. Langsung saya catat TIU berapa, TKP berapa, TWK berapa. Keluar dari ruangan, saya pasrah aja udah. Nilai segitu kalau lolos ya Alhamdulillah banget, kalau enggak lolos berarti ya emang masih banyak yang lebih baik. Gitu doang. Nggak ada nyesel-nyeselnya juga. Harusnya segini, segitu, dan sebagainya. Yo kui mau lo ges… los dol.

Baru di kemudian hari saya tau kalau lolos hoho.

posisi terakhir alias nomer 3 😭

Next cerita soal SKB di part selanjutnya ya. Itu lucu abis dan lebih apes lagi 😂 Jangan ngira karena saya lulus jadi saya jagoan di SKB. Kalian kalau tau ceritanya pasti juga takjub. Dan semuanya berkat Naruto. Next time deh diceritain. Juga cerita soal latsar. Jangan pikir lolos cpns terus udah selesai. Mon maap... perjuangan masih panjang kawan.

Mau ngedrakor dulu bye!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tes Kerja di VADS Jogjakarta

Pengalaman Tes Kerja : Rekrutmen Karyawan PLN Tahap 1 (Administrasi) Sampai Tahap 4 (Psikotest)

Pengalaman Test Wawancara Kerja di Bank BTN Kediri