Review Film: Rudy Habibie


Saya Cuma punya 1 alasan nonton ini: menghibur diri gara-gara hasil lobi ke Pak Bams soal KKN (di tulisan selanjutnya yaaa, kalau moods -_-) gagal total. Sewaktu mau berangkat dari rumah, saya udah niat dalam hati, kalau sampai lobi saya gagal, saya bakal nonton ini film. Awalnya mau ngajak Hesti juga, tapi lagi shopping ke Madiun doinya. So, saya ajakin Ria aja. Berdua doang. Mirip kencan hahaha. Ria sih oke-oke aja karena emang hari ini pun dia mau temu “keluarga” baru. So do I (-_-). Jadi kita janjian saling tunggu gitu. Janjian jam 9, eh taunya dia udah kelar jam set11 an, saya malah baru kelar jam set12. Ngeneeeessss.

Sehabis pertemuan “keluarga” tadi, kita langsung cus ke Cinemaxx. Mayan lah nyampek sana jam 11.50 sementara filmnya jam 12.00. Saya pikir bakal kekejar waktunya, palingan beli tiket kan nggak nyampek 2 menitan. Kalau antriannya sekitar 5 baris gini, pas dong 10 menit. Tapiiiiiii nyatanya, bikin ngelus dada. Ini apa sih dari tadi pagi saya udah dikasih ujian sabar mulu?
Gini ya… antrian baris pertama, Enci-enci sama koko-koko yang belagu banget itu (berasa yang punya mall kali mereka -_-), beli tiket 3 biji tapi ribetnya Masa Alloh! Mereka kayak lagi nego tanah sama CS saking lamanya. Ada kali sekitar 10 menitan. Tau ah apa yang diobrolin. Yang jelas ada acara tawar-menawar sama tutorial dadakan. Oke sip.
Baris kedua, ini sama parahnya. Ini ibu-ibu berjilbab elite sosialita, pake heels, bawa 2 anak kecil yang lari kesana-sini, beli tiketnya pake mikir dulu mau nonton apa, ditambah beli popcorn 2 pack, sayangnya yang 1 pack nggak jadi dibeli gara-gara anaknya berubah pikiran dan dibalikin, masih ajang tanya-tanya si anak mau popcorn yang lain apa enggak, dan sampek akhirnya dia bayar dan dapet lirikan tajam dari banyak orang hahaha.
Baris seterusnya sampai ke saya sih aman-aman aja. Cuma ya jam udah sekitar 12.20. yahhhh nanggung kan? Jadi saya milih yang jam 12.45.
Luang waktunya? Buat sholat menghadap ke Alloh biar tenang hatinya (depresi berat!!) dan nyempetin foto-foto di poster film (colek -> Ria).

film yang wajib tonton selanjutnya ^^
Sebenernya saya tengsin abissssssssssss foto kayak gini. Tapi apa mau dikata ya, temen saya yang satu ini pedenya ngepol dan dia nyobain semua poster yang ada di Cinemaxx. Mantab.

Masuk ke filmnya.
Baru awal saya udah dibuat terharu dan mewek ngeliat perjuangan hidup orang jaman dulu. Kayaknya jaman dulu itu, mau hidup tenang aja langka. Susah. Pokoknya adaaa aja masalah. Nggak bisa damai aman sentosa gitu lo. Lagi enak-enak bercanda sama keluarga, ada tentara dateng. Lagi enak-enaknya main sama temen di bukit, dateng pesawat ngebom sana-sini. Lagi asoy gosip sama tetangga nih, tiba-tiba harus siaga migrasi karena penjajah datang. Jahat. Rumah, ternak, perhiasan nggak dibawa. Cuma raga sama yang nempel aja yang kebawa. Miris.
Awalnya saya pikir ini film salah satu sodaranya Pak Habibie atau kalau enggak ya anaknya Pak Habibie. Sueeerrr. Beneran lo. Saya enggak ngeh sama nama Rudi Habibie. Dibilangin Ria pun kalau ini emang filmnya B.J Habibie, saya masih keukeuh dalam hati. Masalahnya kan ada kisah cinta sama Chelsea Islan, kalau sebelumnya kan sama BCL ya. Lah kalau ini Pak Habibie, masa cintanya sama bule, katanya cinta mati sama Bu Ainun? Bingung dah saya. Masih sekitar 10 menit film main, saya clueless. Masa sih ini ceritanya Pak Habibie?
Ini yang nantinya sama Ilona ^^
trus ini yang sama Ainun (dulu di film 1)
Tapiiiiiiii begitu si Rudi Habibie ini memperkenalkan diri dengan nama “Bacharudin Jusuf Habibie” ke pastor pengantarnya di Jerman sana, baru saya yakin ini 100% ceritanya B.J Habibie. Pantes caranya ngomong Habibie banget hehehe. Saya aja yang bego ya. eh eh… yahhhh kalau gitu sad ending dong ini ceritanya. Kan kenyataannya B.J Habibie sama Hasri Ainun, bukan sama tokoh yang diperanin Chelsea Islan. Yahhh mewek dong nantiiii.
Okeeelah nikmatin aja.

Tokoh pertama dan yang paling utama, Rudi Habibie.

B.J Habibie pasti kita semua udah tau ya. mulai dari logatnya bicara yang one of a kind, dari otak jeniusnya yang bisa nemu teori pesawat, dan dari kegigihannya tanpa kenal rasa lelah apalagi takut dengan tekanan. Baik di film 1 atau 2, keliatan banget kalau Pak Habibie ini nggak mau diatur dengan yang namanya “manipulasi”.
Tapiiii yang enggak kita tahu adalah seseorang dibalik sosok emasnya Rudi Habibie. Ya Allohhh, saya takjub saat menyadari bahwa betapa besar pengaruh kecerdasan orang tua untuk kesuksesan anaknya. See? I have 3 points here:
Papi yang sukses didik anak-anaknya jadi "orang" T.T
1. Tanpa Papi yang selalu mendukung bakat anaknya, Habibie kecil a.k.a Rudi nggak akan pernah punya buku-buku teknik dan replika pesawat, di tengah keadaan rawan perang dalam masa penjajahan Jepang. Boro-boro beli buku, masyarakat itu lo mau makan aja sulit. Tapi ya nggak sulit sih, emang pada dasarnya trah B.J Habibie kan emang orang kaya. Buktinya, di saat orang lain masih jalan kaki, Papi nya B.J Habibie udah punya sepeda. Di saat orang naik sepeda, papi kece nan cakep ini udah bisa naik motor. Di saat orang lain masih bisa sekolah sampai SR doang (sama kayak kelas 2 SD), B.J Habibie udah bisa disekolahin ke RWTH Jerman pake biaya sendiri. Duit sendiri, men! Padahal yang lain Cuma sekedar “beasiswa”. Mantab. Saya jadi kepikiran apa kata kakak saya, ada benernya juga kalau gitu.

Hope is bullshit. World is unfair. Nggak ada yang namanya kaktus bisa jadi pohon jati. Yang ada kaktus tetep kaktus, jati tetep jati. Nggak bakal bisa berubah”.

Bener juga sih. Kalau keluarga B.J Habibie ini tergolong kaktus, nggak mungkin dia bisa kuliah di Jerman, pake paspor hijau pula. Pasti B.J Habibie lebih pilih jualan di pasar atau kerja jadi guru di desa. Banter-banternya paling masuk TKR biar barokah hidupnya. Berhubung dia dari golongan jati, makanya mau jungkir-balik kemana juga ada yang dukung.

2. Tanpa Papi, Rudi juga nggak bakal punya pemikiran seorang pemimpin kalau aja sejak kecil sang Papi nggak sering mengajaknya ke berbagai tempat dengan motivasi-motivasi heroiknya. Rudi diajakin ke sawah, hutan, sungai, dan bukan sekedar menikmati liburan, tapi menyerap ilmu-ilmu apa yang ada di alam.

“Jadilah seperti mata air ini, Rud. Jika engkau baik, maka orang-orang disekitarmu pun pasti akan ikut baik” (atau paling enggak intinya seperti itulah hehe)

3. Tanpa Papi pula, Rudi nggak akan pernah punya cita-cita membangun industri dirgantara, kalau sang Papi tidak memberinya sebuah alasan. Hal yang paling saya ingat adalah, saat Rudi dibonceng Papi naik motor, dan si Papi narik tangan Rudi supaya telentang seperti pesawat, sambil mengajarkan dasar pesawat untuk bisa terbang. Gilaaaaaa si Papinya B.J Habibie. Di saat orang tua lain masih nyuruh anaknya ngerti cara nyari makan buat nyambung hidup, beliau udah punya cita-cita menjadikan Rudi perubah bangsa. Brava Brava!!

“Jadi Rud, buatlah pesawat dimana bisa mendekatkan sebuah keluarga. Sebuah pesawat dimana orang-orang seperti nenek, kakek, bisa menggunakannya. Itulah tugasmu”

Tokoh kedua, Ilona Ianovska.


Ternyataaaaaaaa oh ternyata, film kedua ini fokusnya ke Ilona Ianovska. Eh bener nggak sih penulisannya? Yang jelas, dia "cintanya" B.J Habibie di Jerman. Ihhhh first love aja sama bule, Ya Alloh simbahhh kece bener dah. Rudi dan Ilona kenalan di konsernya The Tilman Brother. Ilona ini merupakan cewek keturunan Polandia, non muslim, tapi love everything about Indonesia. Kecintaannya ini bukan karena cintanya pada Rudi, tapi sebelum bertemu Rudi pun, dia sudah menjadi fans no 1 Indonesia. Alasannya? karena sebuah kebaikan dari seorang suster asal Ambon yang telah menyelamatkannya dari serangan Nazi atau something like that di Warsawa, Poland. See? Bagaimana sesuatu yang kecil bisa mengharumkan dan memperindah sesuatu yang begitu besar.
Riangnya bukan kepalang, always smile pokoknya ^^
Ilona ini apa ya? bingung jelasinnya. Pokoknya dia bisa bahasa Indonesia, meski dengan logat ala cinta lura yang nggak-ada-hujan-becek-nggak-ada-ojek ituuuh. Ilona juga ceria, dan kayaknya juga pinter soalnya cuma dia yang nyambung sama omongannya Rudi yang kadang bagi orang awam agak “sableng”. Saya paling suka cara Ilona manggil “Ruuudd”, intonasinya beda dengan cara ngomong “Rud” pake lidah indo. Padahal yang mainin juga orang Indo hahaha, tapi kok bisa beda. Nonton deh, dijamin bakal suka sama Ilona, dan berpaling dari Bu Ainun. Halah.
Ternyata saingannya Bu Ainun bukan Cuma Ilona aja. masih ada R.A Ayu blablah yang keturunan Keraton Surakarta itu, yang juga sekolah di Jerman dan ditemenin sama abdi dalemnya wkwkwkwkk. Overall saya suka kok Ayu. Nggak ada yang salah sama dia ^^.

May be, kalau aja Ilona nggak negative thinking dulu, mungkin sejarah Indonesia bisa beda. Mungkin yang tercatat jadi Ibu Negara bukan Bu Ainun, tapi Ilona Ianovska si gadis Polandia. Mungkin lo… atau malah mungkin juga Indo bakal kehilangan putra terbaiknya, saking cintanya Rudi sama Ilona dan lebih pilih ikut jadi WNA. Mungkiiiiiinnnnn. Everything is possible, right?

Lagipula ya, untuk seorang Ilona, dengan semua kecerdasannya, dengan semua dukungannya untuk pemikiran visioner Rudi, dengan rambut merah dan mata birunya, jelassssslah bakal menang saing. Saya akuin kalau wanita Indonesia emang beda sama bule. Kalau mungkin Ayu lebih pilih dideketin duluan sambil ngasih kode-kode yang sayangnya Rudi nggak peka sama sekali, beda dengan Ilona yang lebih pilih ngambil tindakan PDKT duluan. Dia nempellll mulu sama Rudi, kemana-mana ikut, sok cute-cute dan ngasih motivasi, kumpulan PPI di markas Aachen juga selalu bantu-bantu, tapi yoweslah ya namanya cinta hahahah. Malah dia kan yang dapetin Rudi.
tuh kan? foto bareng PPI aja dia ngekor lo. Yang depan itu Kengkie, Ilona, dan Rudi.
Terus yang belakangnya Peter, Boltak, dan Ayu.
Saya melting liat bagaimana BJ Habibie oh-so-romantic. Masa udah saling sun-pipi sama Ilona wkwkwkwk. Dipikir-pikir, jaman segitu jadulnya, dan seorang jenius kayak BJ Habibie pasti nggak kenal yang namanya gituan. Ehhhh taunya genit nggak ketulungan hahhaha. Kadang pas jalan, tangannya ngrangkul pinggang Ilona, kadang dia ngegoda Ilona dengan guyon jayusnya, dan kadang dia yang Cipi-Cipi duluan. Cowok kece jaman sekarang aja belum tentu bisa dapetin bule sekeren Ilona, tapi BJ Habibie bisaaaaaaa. Macam Bung Karno yang bisa naklukin sang Geisha.
waktu Rudy mau ikut kongres. dasinya oyyy pake dibenerin...

yang ini waktu Rudy curhat soal pemikirannya dan Ilona 100% dukung dia, malah ngasih solusi juga

ini Rudy nya setengah malu setengah seneng soalnya bais Cipi-Cipi dihadapan puluhan mahasiswa Indo di Aachen kkekekkeke
And Ayu… saya malah lebih suka ngeliat dia sama Pantja hohoho. Meski mantan pejuang itu gaharnya nggak ketulungan, sombonggg abissss bisss bissss, nyebelin setengah mati, tapi wajahnya yang oh-so-hot-so-sexy itu membuat dia termaafkan, bahkan sebelum dia minta maaf J Saya takjub liat bagaimana satu kata dari Ayu bisa ngebuat Pantja berhenti mukulin Rudi dan nyuruh anak buahnya pergi. They so damn romantic in their way, tau nggak sih?! Saya juga happy waktu di endingnya, Pantja bersedia “legowo” dan menerima “persahabatan” antara dia dengan sahabat-sahabat Ayu, sambil smile dan jadi tukang foto dadakan pula. Aihhhh. Suka suka suka.


Selebihnya… lumayan. Isinya Cuma tentang perjuangan B.J Habibie merintis seminar pembangunannya. Ya itu tadi, Rudi yang visioner dan untungnya dikelilingi temen-temen yang visioner dan mau mendukung dia. yang paling penting, mereka cinta Indonesia.
Rudy saat sedang orasi soal seminar yang jadi cita-citanya untuk bangsa T.T
Scene yang bikin saya nangis Cuma 3, yaitu:

1. Pas Papi jadi imam shalat, tapi nggak pernah bangun dari sujudnya. Kita udah bad feeling nih, pas papi ngajak shalatnya kayak diburu-buru gitu. Semua harus ikut shalat jamaah, pintu ditutup, dan sebelum shalat, Papi liatin wajah satu-satu keluarganya. Terutama Rudi. Dan suaranya… suara Papi bergetar nahan tangis saat mengucap ‘Allahu Akbar”. Dan begitu gentle dan dewasanya Rudi, saat dilihatnya papi sudah ambruk dan yang lain masih dalam sujud, dia menggantikan papi jadi imam dan bangun dari sujud. Okeeee nggak usah diterusin. Ngingetnya aja bikin saya masih mewek. Saya emang bukan anak Papi, tapiii rasanya saya kehilangan sosok besar dalam diri Papi. Dan ini nyata. Kalian bakal tau kalau nonton langsung.

2. Saat Rudi diambang batas, nggak bisa apa-apa, Cuma bisa terbaring di kasur, duduk pun nggak bisa, ditambah hati dan pikirannya buntu, putus asa, dan pasrah nggak bisa berbuat apa-apa untuk Indonesianya tercinta, Papi tiba-tiba datang megang tangannya dan Papi mengajarkan tekanan pesawat kayak di motor jaman Rudi kecil dulu. Sumpah ya, semua hal yang berkaitan dengan Papi bikin saya mewek sejadinya. Semua kata-katanya itu meresap banget sama hidup saya. He was not only watched, but appears and helped him walk out from his clueless life.

3. Saat Rudi membiarkan Ilona pergi dengan keretanya: Ilona menuju mimpinya, Rudi menuju mimpinya. Nyesek.
saat Rudy mengejar Ilona meminta penjelasan, dan Ilona memberi ketegasan bahwa hidupnya di Jerman, bukan Indonesia
Bagaimana sebuah cinta yang begitu kuat bisa terputus atas nama “nasionalisme” dan “perbedaan”. Ilona memilih masa depannya, dan Rudi memilih negaranya. Mereka berdua sama-sama bisa memilih apa yang menurutnya baik.
Yang saya suka, Ilona bukan tipe orang menye-menye yang lebih mengatasnamakan cinta dan melegalkan segala cara. Ilona is more than we know. Dia lebih kuat dari yang semuanya pikir. Saat ditekan secara batiniah oleh Ibu Rudi pun, tanpa memberitahu Rudi sedikitpun, Ilona bisa mengatasinya. Wih kece.
ini saat Ilona vs Maminya Rudy, langsung didatengin di Jerman sana
Kebanyakan orang kan kalau ditekan calon mertua, langsung ngedown dan patah arang. Iya sih Ilona akhirnya menjauhi Rudi, tapi itu karena dia emang udah memilih.

Like what she said, “saya bersedia pindah ke Indonesia, dan saya bersedia berpindah agama menjadi Islam, tapi apakah Rudi pantas menerima pengorbanan saya? saya mencintai Rudi, dan saya mau berkorban untuknya, tapi… apakah Rudi sendiri mencintai saya? apakah dia begitu pantasnya untuk menerima apa yang saya korbankan?”

So, pada akhirnya… mereka pilih berpisah. Ilona ngeliat Rudi berjalan pergi, padahal kalau aja Ilona tahu, Rudi lagi mewek heboh saat itu.
He was gone. And she was gone.

Kayak apa yang dinyanyikan Cakra Khan lewat ost nya, cinta mereka emang kayak gitu pada akhirnya. Sedihhhh.
kau dan aku tak bisa bersama. Bagai syair lagu tak berirama. Selamat tinggal kenangan denganmu” (ost Mencari Cinta Sejati)

Bonus Pict:
Katanya... inilah si Ilona Ianovska ituuu ^^
NB: semua pict saya ambil dari google, saya nggak bisa ngasih credit satu-satu. Miannnn ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tes Kerja di VADS Jogjakarta

Pengalaman Tes Kerja : Rekrutmen Karyawan PLN Tahap 1 (Administrasi) Sampai Tahap 4 (Psikotest)

Pengalaman Test Wawancara Kerja di Bank BTN Kediri