Pengalaman Berharga: Gagal Kuliah di Luar Kota

Haiiiiiiiiiiiiiiii... Welcome in our october. Yaaaa meskipun oktobernya udah lewat sampai tanggal 8, tapi ini masih oktober tetepan hheehe. So, kita ketemu lagi dears readers ©© kangen tauk udah lama nggak nulis. Udah lama nggak cuap-cuap. Lagian, di belahan bumi mana dan ke siapa saya ngeluh kalau nggak di blog tersayang ini? everyone is bussy with their shit, dan disinilah saya… ngeluh nggak ada habisnya.

Mau bahas apa kali ini? mmmmmm apa ya? masa-masa KKN? Mmm mending itu entaran aja ya. kalo udah mood hehe. Kalo mulut saya udah nggak ngehujat KKN lagi. Masih males mau bahas KKN. Mending sekarang kita bahas soal hati (eeeee zhuhhhh). Eh nggak enak juga sih kalau bahas hati. Entar aja kalau galau saya udah hilang *ciieeeee galau*.
Berhubung ini mendekati masa lulusan SMA, mending kita bahas soal ini aja. Bahas soal hubungan antara pengalaman, kesempatan, dan masa depan. Setuju??

Jadi gini. Apa yang pepatah omongin soal “PENGALAMAN ADALAH GURU PALING BERHARGA” itu emang bener adanya. Orang yang punya pengalaman, at least pernah ngalamin sesuatu kan. Daaan meskipun itu gagal, tapi bisa dia jadiin bahan kajian (^^) alias renungan. Ibaratnya nih dia udah menggenggam sepertiga kesuksesan. Karena apa? semua yang udah dilaluin itu secara otomatis jadi bahan pembelajaran, jadi bahan refleksi, dan bisa “ngasih tau” ke depannya dia mesti gimana. Intinya jurus anti salah langkah ^^. Udah hadits shahih itu. Nggak berubah-ubah lagi.

Dan emang menurut saya, pengalaman emang kunci #1 di kesuksesan seseorang. Ibarat kata nih, dia punya IQ zupppeerrr jenius tapi kosong pengalaman, nggak bakalan dia bisa selamet melewati ancaman MADESU (Masa Depan Suram). You know lah… kalau orang belum pernah mancing tapi disuruh mancing. Ada yang kagok pas masang umpan, ada yang nggak tau cara ngelempar kail, bahkan ada yang nggak bisa nangkep ikannya meskipun pancingnya udah kena. Istilahnya… pe to the kok = PEKOK.


Yang kedua, soal pepatah “KESEMPATAN ITU NGGAK DATANG DUA KALI”. Ihhhhh itu mah bener sebener-benernya. Mau nggak mau kalian emang harus ngakuin kalau kesempatan alias rejeki nggak bakal datang lagi kalau dibuang. Hapus tuh pikiran yang ngomong “ahhh nanti ada kesempatan lagi”, “ahhh ikut tahun depan mah bisa”, “lagian nggak Cuma sekali ini aja”. Harap dicatat… itu pikiran tergoblok yang pernah ada. Orang yang udah ngalamin sakitnya pupus harapan (whahaha) pasti ngerti banget rumus ini. Kalaupun mereka dapet kesempatan, entah kesempatan jadi A, kesempatan sekolah B, kesempatan ke C, nggak peduli apa halangannya, pasti bakal dijabanin. Mendaki gunung lewati lembah pun siap.

Jadi begini sodara-sodara sekalian… pada intinya ini cuman soal menyesal yang amat sangat dan sadar kalau sesuatu yang berharga itu nggak bisa diulang. Cuma ada sekali waktu.
So… Berharap ada time travel? Bullshit itu mah!

Yang terakhir adalah soal masa depan. Btw, apa sih hubungannya masa depan cerah dengan pengalaman dan kesempatan yang udah kita bahas tadi?

Gini ya… kalau orang udah punya pengalaman, kan dia udah ada 1/3 kesuksesan. Ditambah kalau dia dapet kesempatan dan kesempatannya itu dilakuin bener, berarti dia udah megang 1/3 nya lagi. Berarti berapa? Ada 2/3 kan? Nahhhh tinggal 1/3 nya lagi itu Wallohualam. Cuma Allah yang tahu. Cuma doa yang bisa. Jangan lupa kodrat kita apa. Kita ini manusia. Hamba. Jadi jangan sombong dan munafik sesumbar udah ikhtiar dan njamin 100% bakal berhasil. Engggak. It’s still 1% for any possibility. Entah 1% untuk berhasil, entah 1% untuk gagal. Semuanya Allah yang nentuin. Allah yang ngiyain atau enggak. Jadi yang 1/3 nya lagi adalah doa. Duhhh sok religious banget saya Ya Allohhh.

Biar lebih jelasnya, biar afdol, saya bakal cerita apa yang udah jadi pengalaman berhargadalam hidup saya. sesuatu yang saya sebut itu ngebuang kesempatan. Sesuatu yang sebagian besar pengaruhnya gedhe banget ke hidup saya. Biar saya nggak dikira umuk doang, ntar dikiranya Cuma jago nulis sambil koar-koar tapi nyatanya zonk. Enggakkk. Ini murni kisah nyata.

Pada intinya, saya ini pas SMA termasuk ciamik punya. Ciamik dalam arti jago akademik. Bukan jenis anak hits yang punya kenalan dimana-mana dan begaya sedemikian rupa kayak anak SMA jaman sekarang. Noooo. SMA jaman dulu (4th yang lalu) beda banget dari SMA sekarang. Nggak ada ceritanya saya nggak di 3 besar peringkat kelas. Bahkan, saya pernah berkali-kali rank #1 dan ikut olimpiade astronomi (meski rada’ abal-abal), pernah ikut Tes Ini-Itu dan hasilnya ok punya. Dan bahkannnn… saya ibaratnya nih meski nggak pernah diajar mapel biologi soal mitokondria dan sebagainya itu, tapi sekali diajarin, saya pasti langsung bisa. Sombong ya hahaha. Take it easy. Cuma cerita doang.
pasukan IPA 5 SMADAPO
Nahhhh suatu ketika, saya dan yang lain dapet undangan Universitas. Temen-temen yang lain nih, yang rajin ikut ekskul pramuka, ekskul ini-ono dan sebagainya tapi agak ngeblong di nilai rapot, Cuma berani… harap DICATAT, “CUMA BERANI” ngambil Universitas sekelas UNS, UNESA, dan Univ-Univ yang sama sekali saya pandang rendah di mata saya, dengan jurusan yang sama sekali nggak saya suka. Misalnya pendidikan ini, pendidikan itu, MIPA, dan sebagainya. Singkat kata, saya dalam hati ngece mereka. Saya masih inget betul gimana sombongnya saya sewaktu ditanya guru BP apa nanti nggak nyesel kalau saya nggak dipilih, mengingat pilihan saya itu “get” banget, sementara keadaannya saya nggak ikut ekskul sama sekali, nggak punya pengalaman organisasi sama sekali, dan nggak punya keahlian apapun di luar belajar. Saya jawab kalau saya yakin saya pasti diterima. Asal tau aja, waktu itu saya milih Unair “Kedokteran” dan satunya kalau enggak salah UB tapi saya lupa jurusannya. Saya masih mimpi terlalu tinggi waktu itu. Saya masih ngayal duwur waktu itu. Dan saya nggak sadar diri kalau jatuh itu rasanya sakit.
pura-pura happy saya mah waktu itu -_-
Alhasil apa? di saat yang lain yang saya remehkan itu bahagia karena keterima, saya nangis Bombay di kamar meratapi nasib buruk karena saya yang notabene ratu nilai A ini ditolak mentah-mentah. Saya teriak ke Tuhan, salah saya apa? tapi Allah emang luar biasa. Dia naikin semangat saya lagi dan ikut SBMPTN. Saya nekat ke solo buat tes dengan harapan saya bakal diterima dan paling enggak bisa bikin orang tua bangga. Saya masih sombong rupanya. Dengan agregat saya yang harusnya saya udah sadari sejak awal, dengan keadaan yang saya punya Cuma akademik tanpa embel-embel apapun, saya masih sesumbar ambil ITS (Gelar Ganda malah) dan UNS. Saya sombong. Saya akuin itu. Hasilnya? Perjuangan saya sia-sia.

Tapi apa bener waktu itu saya udah ngerahin seluruh yang saya bisa? Noooo. Saya asal-asalan. Saya tanpa persiapan. Dan saya sadar kalau waktu itu saya emang nggak berjuang. Saya Cuma nurutin ego. Saya Cuma ngandalin imajinasi. Saya masih mikir ala-ala novel. Kalau saya kuliah di luar kota, saya bakal ada akses penuh ke kehidupan ala mereka yang saya idamkan itu. Bullshit ternyata. Saya emang salah langkah. Salah tujuan.

Saya ada setahun buat heal luka batin saya. itu makanya yang jadi alasan saya buat nunda kuliah setahun. I still can’t move on. Saya stop ketemu temen-temen yang udah pada bahagia di luar kota. Saya benci mereka yang udah kos disana-sini dengan temen-temen baru dan kehidupan kampus kota besar.
Sementara saya? terpaksa saya stuck di Universitas kota saya yang dulu saya ece mati-matian. Yang setiap ketemu mahasiswanya di tempat nongkrong langganan selalu saya pandang sebelah mata. Dan sekarang apa? kinda funny karena saya bagian dari mereka.
deretan anak "kota". Sampai sekarang pun saya masih minder ketemu mereka T.T
Saya nulis ini buat kalian yang nggak pernah ngerasain gagal dan nggak pernah ngerasain gimana rasanya kalau mimpi, harapan, dan cita-citaku dipaksa berhenti di tengah jalan tanpa ada jalan keluar buat ngelaluinnya. Asal kalian tau, itu rasanya lebih nyakitin dari patah hati.

Saya nulis ini juga buat calon-calon anak kuliahan luar kota yang masih mimpi di siang bolong dan masih berharap “ngehits” disana. Just stop dreaming that fake and shit life. Hidup aja sewajarnya kamu. Senormalnya kamu. Sebisanya kamu dan sediberinya kamu oleh Allah. Semua yang kamu impikan itu Cuma ada di drama, ngerti????!

Saya nulis ini buat para pemimpi yang senasib dengan saya. saya tau hati kalian gaes. Saya tau impian kalian. Dan demi Allah saya yakin masih banyak jalan menuju Roma. Inget lagunya Yoon Mirae yang jadi Ost School 2015? Kalaupun semua orang ngehujat kita sekarang, tenang aja… akan ada saatnya nanti kita kembangin senyuman.
Manajemen B UMP tercinta hiahaha
Tapi akhirnya saya emang sadar. Maksud saya, ini bener-bener skenario Tuhan yang paling baik. Andai aja saya disana, di kota orang yang saya bener-bener buta dari apapun, mungkin saya bakal lebih rusak dari mereka-mereka yang bacotnya sibuk ngehujat saya. Ih amit-amit ya Alloh. Itu… emang pengalaman paling luar biasa.

Asal tau aja, saya punya banyak hal yang perlu disyukurin karena kuliah di Ponorogo. Saya bisa tinggal di deket ortu, bisa tau perjuangan mereka nyekolahin saya sampai sekarang ini, bisa tau gimana pait manisnya hidup yang dijalanin orang tua yang mungkin pas SMA dulu belum saya sadari.
Saya punya banyak peluang disini, saya bisa bantu jualan usaha keluarga ini-itu, bisa nyambi usaha ini-itu. Bayangin kalau saya hidup di luar kota, uang pas-pasan, serba irit, dan hola-hola nggak jelas nggak ada tunjangan bisnis dari sana-sini. Dan hal yang paling saya syukuri adalah… the ganks!!!! Punya banyak temen seperti yang saya miliki sekarang ini bener-bener Anugrah luar biasa. Nggak ada tandingannya.

selepas bagi takjil ^^

kalau saya nggak gagal, mungkin saya nggak punya KCK kayak gini hahaha
Dan terakhir, percaya atau enggak, doa emang memegang kunci dari semuanya. Saya masih nggak bisa percaya begitu bapak saya bilang kalau kegagalan saya kuliah di luar kota itu bukan karena Allah tidak mendengar do'a saya, tapi karena Allah lebih mendengar do'a bapak saya. Tau apa yang bapak saya panjatkan? beliau minta Allah menjaga saya dan jangan menjauhkan saya. Pada intinya, beliau minta Allah jangan meluluskan saya. Iya sih saya tau emang bapak agak keberatan saya kuliah di luar kota. selain faktor biaya, gender juga jadi permasalahannya. Saya masih nggak habis pikir. Kok bisa??? Bukannya kecewa ke bapak saya, tapi lebih ke takjub. Begitu sayangnya bapak ke saya hingga beliau minta saya untuk terus dijaga. Dan saya lega. Karena pada akhirnya, kegagalan saya nggak mengecewakan mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tes Kerja di VADS Jogjakarta

Pengalaman Tes Kerja : Rekrutmen Karyawan PLN Tahap 1 (Administrasi) Sampai Tahap 4 (Psikotest)

Pengalaman Test Wawancara Kerja di Bank BTN Kediri