Suka Duka Menempuh KKN


Berhubung ini sudah memasuki semester 8, dimana junior kampus saya masuk semester 6, yang mana mengindikasikan mereka akan segera menempuh KKN, akhirnya saya terdorong untuk nulis ini *evil smirk*.
Saya nulis sambil ketawa-tawa jahara dan nggak bisa berhenti ngakak membayangkan gimana kegalonan dan kegundahan hati mereka entar sewaktu kelompok diumumkan hahaha. Tenang dek, kakak-kakakmu ini telah ngelaluin apa yang akan kalian laluin. Berangkat komplit, pulang komplit pokoknya.

KKN ooooh KKN… hal wajib yang musti mahasiswa laluin untuk lulus jadi sarjana. Demi secarik kertas, penderitaannya luar biasa wow. Rajin-rajin baca meme anak kuliahan. Kalo pas KKN tiba, dijamin meme-meme nya bikin ketawa guling-guling semua. Omongannya itu tipis, tapi tandes. 100% akurat penyiksaannya.
hasil desain anak TI kelompok saya
Saya cerita ya pengalaman sewaktu dulu sehabis pengumuman kelompok. Saya dapet kelompok no 52 dan dibuang di Desa Nglurup, Kec.Sampung. Mengingat 1 kelompok ada sekitar 9-11 mahasiswa, dan 1 pun saya nggak ada yang kenal, terlebih harus saya akuin di kelompok itu saya agak “males” dengan 1 orang yang saya anggep “what the hell saya bisa sekelompok”, juga karena fakta temen-temen baik saya paling enggak ada 1 temen dari kelas yang sama, dan desa Nglurup sama sekali nggak familier di kuping, saya langsung speechless. Saya meratapi nasib! Gini-gini banget ya Tuhan nasib saya.

Jadiiii, selama sisa hampir 1 bulan sebelum masa KKN, saya stress hahaha. Bisa tanya ke temen-temen atau bapak ibu dirumah. Saya tiap hari nangis, marah, dan galau kayak orang diputus pacarnya sepihak, hanya gara-gara KKN. Segitu dahsyatnya efek KKN buat pikiran saya, sampek saya mempertimbangkan ide buat ambil kelas prosus dan nyari kerja. Di prosus, KKN itu nggak wajib dan saya sempet mau pindah kesana di umur semester saya yang udah masuk semester tua ini.

Saya usahain semua hal. Mohon-mohon pindah kelompok, curhat ke dosen, sampek saya akhirnya ngeluarin jurus maut, nangis-nangis Bombay di depan staff divisi pengurusan KKN, disaksikan kira-kira 5 orang disana wkwkwkwkwk. Saya masih nggak percaya saya bisa sampai kayak gitu berjuangnya. Bapak saya emang selepas sembuh dari stroke ringan dan sempet protes kenapa saya dapet di Sampung. Jadi, mengingat masa bapak sakit dan gimana strugglingnya kita sekeluarga dulu, saya nggak bisa nahan tangis beneran. Rasanya… you know lah.

Tapi hasilnya apa?? dengan keadaan seperti itupun, saya dapet Zonk. Saya malah diceramahin panjang-lebar untuk terima nasib dari salah satu staff yang sampai sekarang saya masih nggak sudi liat mukanya dan masih inget betul wajahnya saat ngomong ke saya, gimana dia sebagai sosok orang tua juga bagi anaknya sama sekali nggak berperasaan dan ngomong gitu dengan enaknya ke saya, dan saya masih inget betul gimana kerasnya what the heck itu nolak saya tanpa ada pertimbangan apapun. Saya masih sakit ati. Terlebih ditambah pikiran bapak saya itu sangat… mendewakan kebijakan sekolah. Jadi akhirnya pasrah dan adem-ayem aja selama itu kegiatan sekolah, padahal anaknya hampir edan (zzzzzzzzzzzzz). Akhirnya saya terpaksa legowo.

Tahapan selanjutnya ya kegiatan-kegiatan pra KKN, seperti survey tempat, diskusi kelompok, pembekalan-pembekalan. Saya kurang-kurangin join percakapan di grup wa kelompok hehe. Males aja. Lagian bahasannya juga nggak penting, wong kita belum ketemu, kok udah bahas ini-itu ceramah ini-itu. Fak! Nah… pas tiba waktu diskusi kelompok dan ketemu kelompok saya pertama kali, pikirannya rasanya kayak hidup segan mati tak mau. Ada 1 cowok yang bossy banget, menasbihkan diri menjadi ketua bahkan sebelum temen-temen milih wkwkwkwk, dan bikin saya kayak “are you serious?”, lalu ada 1 cowok lagi yang menjelma jadi asisten dia dan bikin saya mikir “cocok mereka berdua”, lalu ada cewek yang ngguyunya ngece banget jadi saya agak gimanaaa gitu memandang dia (sorry to say Keyyyy hahaha). Sisanya sih lumayanlah, 

Tapi semenjak hari itu, di saat saya belum begitu kenal mereka, saya berusaha seminimal mungkin terlibat. Istilahnya saya memutuskan jadi pasif partisipan, biar mereka-mereka yang sotoy itu yang aktif. Yang penting KKN kelar, nilai keluar. Beres.
korban KKN
Sewaktu KKN beberapa hari lagi, korban-korban mulai berjatuhan wwkkwkwkwk. Saya masih inget, selama 1 minggu penuh itu, kelas saya bergantian yang sakit. Hari ini si Ropah, besoknya si Rima, lusanya saya, lusanya lagi si A, lalu si B, dan itu semua sakitnya sama, sakit panas. Sensasinya terlalu menyengat buat ditahan tubuh-tubuh lemah ini hahaha.
Suasana sebelum Opening Ceremony
Pas hari H… beuh, jangan ditanya. Kita semua –nggak ada yang terkecuali- berasa seperti jalan ke tiang gantungan. Rasanya nggak mau tapi ada hukum yang mengharuskan kita ngelakuin itu. Tapiiiii buat kalian semua adek-adek tersayang, nggak usah khawatir.

noh, udah ada janji manis ^^
Kenapa?
Karena witing tresno itu jalaran soko kulino. Percaya deh, selama 1 bulan itu, mudah-mudahan tahun ini tambah jadi 2 bulan (senyum iblis hahaha), rasa persahabatan antara kalian pasti bakal ada dengan sendirinya dan akan bertahan sampai sekarang, nanti, dan nggak tau sampai kapan. Of course nggak dengan semua anggota, tapi yang jelas pasti akhirnya ada 1 atau 2 orang yang akan klop sama kamu, berbagi piring sama kamu, berbagi selimut, cemilan, ketawa bareng, gosip bareng, bahkan pelukan.
Jadiiii nggak selamanya KKN memberi kengenesan. Iya sih pada awalnya semua mesti nggak enak, tapi akhirnya karena biasa ya enak juga. Jalani aja. Apapun itu kelompok kalian, terima aja. Mungkin ada rencana Tuhan dibalik-Nya. Siapa tau yang musuhan jadi temenan (temen-temen saya tau ini saya alami haha), yang awalnya benci jadi cinta, yang tadinya nggak kenal jadi sahabatan. Just believe with God’s plan.
salah satu momen "bahagia" kelompok kita: lempar-lemparan tepung
Satu lagi kelebihan KKN, kalian disana akan belajar dengan sendirinya bagaimana bersikap. Yang selama ini nggak sopan, pasti bisa jadi sopan. Yang selama ini nggak bisa masak, pasti ilmunya akan nambah. Yang selama ini malu-malu dan takut ketemu orang banyak, pasti bakal belajar berani disini. Dan bagi saya, yang selama ini nggak begitu terbuka dengan orang “asing”, selepas KKN, saya lebih bisa berkomunikasi dengan orang yang nggak saya kenal. Saya lebih berani senyum duluan, nyapa duluan, dan… seriously, kalian akan belajar banyak disini. Jadikan ini ajang nambah ilmu, tambah pengalaman, tambah teman.
Kekey, saya, Vera, Mamah
Kalau dipikir-pikir, di KKN itu, saya jadi nambah temen lo.
Ada Vera, yang jadi temen saya berbagi nasi sepiring berdua, yang tidurnya selalu deketan dan teriak bareng kalau ada "Auuuu" bunyi malem-malem, temen saya ngebut jam 11 malem karena dikejar preman desa, dan bahkan, temen berbagi rahasia. Aneh rasanya kenapa saya bisa klop dengan Vera hanya dengan waktu beberapa hari di tempat KKN. Terlepas dari semua omongan di luar sana soal Vera yang inilah, itulah, always do the bad thing lah, dan semua label jelek lainnya, who care? Yang saya tau, pertama kalinya dia cerita semua hal soal hidupnya, sukanya, dukanya, pengalaman-pengalaman hidup yang dia lakuin, dan gimana dia selama ini struggling sendirian, gimana kondisi keluarganya, di dalem hati saya mengapresiasi dia atas semua kejujurannya. Dan sewaktu dia nangis di depan saya karena perlakuan salah satu temen disana, nggak tau kenapa saya ikutan nangis dengan dia. So cheesy memang, tapi entah kenapa kita bisa temenan dan sampai sekarang, meski jarang ketemu.
Ketambahan Suci dan melanggar jam malem (-_-)
Ada Suci yang dulunya menurut saya sok kecentilan dan ternyata emang aslinya gitu hahaha, yang pernah saya agak ilfilin setengah mati karena sikapnya (sorry to say) dan ternyata pas dia cerita, dia punya alasan dibalik semua sikap lost controlnya di kampus. Uci ini yang punya andil besar ngebuat KKN 52 jadi kelompok yang omongannya paling lost control dibanding kelompok lain hahaha. Namanya aja Suci, tapi sikapnya nggak sesuci namanya kok *peace*

Ada Kekey juga, yang you know lah ngguyunya ngece itu, dan ternyata dibalik senyum ngecenya itu tersimpan cerita kecelakaan yang ngebuat garis pipinya saat senyum jadi kayak gitu,
salah satu liburan kita
Dan ada mamah... yang very very like being our mom ^^ udah nikah dia sekarang. Ada Lemak juga, Gendut, yang kalau kalian belum tau, mereka berdua cowok tapi mulutnya bisa kayak cewek saking sama seneng gosipnya hahaha. Yang paling saya inget itu sewaktu kita nih yang menasbihkan diri sebagai grup kangkung, bareng-bareng nggosip soal insiden PS wkwkwkwkk (Cuma kangkung yang tau apa maksud dibaliknya). Gokil. Semua bullshitan dan umpatan kita keluar disana.
HO selepas masa KKN
Dan karena mereka, saya mulai mikir ternyata kita nggak bisa judge orang dari luarnya aja. Yang dipikir jelek belum tentu jelek, dan ternyata yang di luarnya baik, belum tentu dalemnya ikut baik. Kita perlu tau alasannya juga. Karena semua orang pasti punya cerita dibalik semua hal yang dia lakuin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Tes Kerja di VADS Jogjakarta

Pengalaman Tes Kerja : Rekrutmen Karyawan PLN Tahap 1 (Administrasi) Sampai Tahap 4 (Psikotest)

Pengalaman Test Wawancara Kerja di Bank BTN Kediri